Rabu, 12 April 2023 16:16
Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman (kanan), bersama salah seorang peserta Ramadan Andalan Mengaji.
Editor : Nur Hidayat Said

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman, membuka kegiatan Ramadan Andalan Mengaji yang diikuti para pelajar SMA/SMK se-Sulsel.

 

Pembukaan kegiatan yang diikuti para pelajar dari 465 sekolah SMA/SMK ini berlangsung SMK Negeri 2 Makassar, Jalan Pancasila, Makassar, Selasa (11/4/2023).

"Alhamdulillah, membuka Ramadan Andalan Mengaji yang diikuti oleh 465 SMA/SMK se-Sulawesi Selatan," kata Andi Sudirman.

Baca Juga : Sulsel Siap Laksanakan Pesta Pilkada Serentak 27 November 2024

Menurutnya, kegiatan ini untuk penguatan karakter peserta didik ini diikuti para pelajar muslim tingkat SMA/SMK.

 

"Selama sepekan mulai hari ini hingga tanggal 16 April 2023, para pelajar mengikuti Ramadan Andalan Mengaji ini akan diberikan pemahaman untuk mendekatkan diri dengan Al-Qur'an, mencegah radikalisme, serta membentuk karakter akhlak," jelasnya.

"Kita juga mendorong pelajar untuk memegang teguh prinsip budaya sipakatau, sipakalebbi, sipakainge," imbuhnya.

Baca Juga : Setelah Dilantik, Pj Gubernur Sulsel Prof Zudan Gelar Rapat Terbatas Bersama Kepala OPD

Dari data Dinas Pendidikan (Disdik) Sulsel, dari total 310.742 pelajar muslim SMA/SMK, 94 persen di antaranya telah bisa baca Al-Qur'an, bahkan telah melewati target RPJMD 2022, yakni 61,15 persen.

"Hal itu tentu ikut berkontribusi termasuk program literasi Al-Qur'an yang dilakukan di sekolah. Kita mendorong agar pelajar yang muslim untuk bisa baca Al-Qur'an," pintanya.