Rabu, 12 April 2023 13:13

Hemat Ruang Penyimpanan dan Tingkatkan Kecepatan Situs Web dengan Kompresi Gambar

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi. (Foto: Hostinger)
Ilustrasi. (Foto: Hostinger)

Kompresi gambar penting untuk menghemat ruang penyimpanan dan meningkatkan kecepatan situs web. Kompresi gambar dilakukan dengan cara menghilangkan detail-detail yang tidak perlu dari gambar sehingga ukuran file gambar menjadi lebih kecil tanpa menghilangkan kualitas gambar.

RAKYATKU.COM - Gambar adalah elemen terpenting dari sebuah situs web karena memakan banyak beban pada suatu situs. Selain itu, memainkan peran penting dalam menentukan keseluruhan tampilan situs dan kecepatan situs.

Oleh karena itu, kualitas foto secara langsung memengaruhi performa sebuah website. Artinya, jika sebuah website memiliki gambar berkualitas dan optimal, maka performanya akan selalu meningkat. Sebaliknya, kinerjanya akan turun jika sebuah situs memiliki gambar berkualitas rendah dan tidak dioptimalkan.

 

Oleh karena itu, jika Anda ingin situs berfungsi dengan baik, Anda harus selalu menggunakan gambar yang dioptimalkan. Di situlah kompresi gambar benar-benar dibutuhkan. Kompresi membantu mengecilkan ukuran foto tanpa kehilangan kualitas.

Pada artikel ini akan membahas caranya kompresi gambar membantu menghemat ruang penyimpanan dan meningkatkan kecepatan situs web. Namun, sebelum membahasnya, alangkah baiknya melihat bagaimana teknologi ini bekerja.

Bagaimana Cara Kerja Kompresi Gambar?
Kompresi gambar tidak mengurangi ukuran file gambar dengan menghapus data dan informasi yang diperlukan. Alih-alih, ini menyingkirkan semua detail yang tidak perlu, seperti metadata dan font, agar berada di bawah dimensi yang disarankan. Itu terjadi karena alat kompresi didasarkan pada algoritma pembelajaran mesin berdasarkan kecerdasan buatan (AI).

Peran Kompresi Gambar dalam Meningkatkan Kecepatan dan Penyimpanan Situs
Kompresi gambar adalah cara yang efektif untuk mengosongkan ruang penyimpanan dan mempercepat situs web. Kecepatan keseluruhan situs web dapat ditingkatkan secara signifikan dengan mengurangi ukuran foto.

Foto besar membutuhkan waktu lebih lama untuk dimuat yang bisa merusak pengalaman pengguna dan kecepatan pemuatan halaman. Anda dapat mempercepat proses pemuatan situs web mereka dan meningkatkan fungsinya dengan mengompresi foto.

Selain itu, kompresi gambar membantu pengurangan ruang penyimpanan yang berguna untuk situs web yang menyimpan banyak foto. Karena foto terkompresi membutuhkan lebih sedikit ruang untuk disimpan di server atau situs web, Anda dapat membuka jalan untuk penyesuaian gambar tambahan.

Selain itu, praktik ini juga membantu mengurangi penggunaan bandwidth, yang dapat menjadi sangat penting bagi situs yang mengamati lalu lintas dalam jumlah besar karena mengurangi jumlah data yang perlu dikirim melalui internet, sehingga meningkatkan kecepatan pemuatan.

Berikut pendekatan terbaik untuk melakukan kompresi gambar.

Metode Terbaik untuk Ukuran Kompres Foto?
Anda dapat menggunakan berbagai pendekatan untuk mengompresi gambar, seperti aplikasi seluler dan aplikasi komputer. Namun, kompresi gambar online adalah metode terbaik untuk kompres fotoIni adalah cara terbaik untuk mengecilkan ukuran foto karena memfasilitasi pengguna dengan kompresi lossless, berbeda dengan cara lain yang menawarkan kompresi lossy.

Dalam kompresi lossy, Anda dapat kehilangan beberapa komponen gambar yang berharga yang dapat mengaburkan tampilan gambar. Namun, dalam kompresi lossless, ukuran gambar berkurang tanpa banyak berpengaruh pada tampilan visual gambar, yang perlu dipertahankan agar bermanfaat bagi pemirsa.

Selain itu, banyak alasan menjadikan jalur ini sebagai prosedur masuk untuk mengurangi ukuran gambar:

Pelayanan cepat
Manfaat utama yang Anda nikmati dengan kompresi gambar online adalah layanan yang cepat. Itu terjadi karena Anda tidak perlu mencari dan menginstal program atau perangkat lunak terlebih dahulu ke perangkat Anda untuk mengompres foto Anda.

Sebagai gantinya, Anda dapat membuka kompresor gambar di situs yang menawarkannya. Kemudian, Anda dapat mengimpor gambar dari perangkat atau penyimpanan cloud, melakukan satu-dua klik, dan gambar Anda dikompresi.

Biaya Efektif
Kompresi gambar online hemat biaya karena alat berbasis web biasanya gratis. Oleh karena itu, Anda tidak perlu membayar biaya apa pun atau membeli langganan untuk mengompres file Anda yang mungkin terjadi jika Anda menggunakan aplikasi atau perangkat lunak.

Itu karena aplikasi atau perangkat lunak biasanya meminta Anda untuk membeli langganan setelah kompresi dalam jumlah terbatas. Namun, pengurangan online memungkinkan Anda mengompres foto sebanyak yang Anda inginkan secara gratis.

Kompatibilitas Hebat
Hal positif lain dari kompresi gambar online adalah kompatibilitas. Anda dapat menggunakan layanan semacam itu di sistem operasi apa pun, termasuk Windows, Mac, dan Android. Oleh karena itu, Anda dapat menggunakannya di ponsel, tab, dan laptop di mana pun di dunia dengan koneksi internet yang stabil. Sebaliknya, Anda tidak dapat menggunakan aplikasi di komputer dan perangkat lunak di ponsel Anda, membuat segalanya menjadi sulit.

Keamanan
Karena Anda tidak perlu mendaftar atau membuat akun untuk menggunakan kompresor gambar online, tidak ada risiko kehilangan kredensial Anda kepada pihak ketiga yang dapat menggunakannya untuk tujuan jahat. Dengan demikian, Anda tetap aman dan mengompres foto Anda tanpa khawatir.

Kesimpulan
Kompresi gambar adalah utilitas angkuh yang harus ada di perangkat Anda untuk memaksimalkan upaya Anda karena ini membantu mengelola kecepatan situs, salah satu faktor peringkat terpenting di mesin telusur. Kami harap Anda akan mendapat manfaat dari layanan ini untuk membuat situs Anda berjalan dengan lancar.

#Ulasan tentang Kompresi Gambar