Senin, 10 April 2023 17:41

Rektor Unhas Buka MTQM 2023, Diikuti 374 Mahasiswa

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Rektor Unhas Buka MTQM 2023, Diikuti 374 Mahasiswa

“Sesungguhnya Unhas tidak boleh lepas dari kampus yang berlandaskan spiritual, kita bina dan kita pupuk kecerdasan spiritual. Apabila kecerdasan intelektual dan spiritual digabung, lahirlah kecerdasan emosional,”

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Universitas Hasanuddin melalui Direktorat Kemahasiswaan dan Penyiapan Karir menyelenggarakan Musabaqah Tilawatil Qur'an Mahasiswa (MTQM) 2023 pada 10-13 April 2023.

Kegiatan ini resmi dibuka oleh Rektor Unhas Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa di Lantai Dasar Gedung Rektorat Unhas pada Senin (10/4).

Direktur Kemahasiswaan dan Penyiapan Karir, Abdullah Sanusi dalam laporannya mengatakan bahwa MTQ Mahasiswa Unhas tahun 2023 diikuti 374 mahasiswa untuk 10 cabang lomba. Jumlah tersebut sekaligus menjadi jumlah peserta terbanyak sepanjang penyelenggaraan MTQ di Kampus Merah. Fakultas Ilmu Budaya mengutus mahasiswa terbanyak dengan total 63 mahasiswa.

Baca Juga : Begini Kata GM PLN UID Sulselrabar kepada Mahasiswa UNHAS tentang Transisi Energi

“Pada MTQ Mahasiswa kali ini juga diikuti 5 mahasiswa internasional dari Fakultas Kedokteran yang mengikuti cabang lomba Musabaqah Tilawatil Qur'an dan Hifzil Qur'an 5 juz,” ujar Abdullah Sanusi.

Sementara itu, Rektor Unhas Prof. Jamaluddin Jompa dalam sambutannya mengatakan bahwa momentum Ramadan bukan sekadar memperbanyak membaca Al-qur'an, tetapi menjadi waktu untuk lebih mendalami isi Al-qur'an lewat kajian, termasuk lewat kegiatan MTQ Mahasiswa yang berlangsung hari ini .

Tak lupa ia terdorong bahwa Unhas bukan kampus yang hanya menyimpan kecerdasan intelektual saja, melainkan juga kecerdasan spiritual.

Baca Juga : BPJS Kesehatan Kembali Bekerjasama dengan UNHAS. Wakil Rektor IV; Semua Wajib Punya BPJS Kesehatan

“Sesungguhnya Unhas tidak boleh lepas dari kampus yang berlandaskan spiritual, kita bina dan kita pupuk kecerdasan spiritual. Apabila kecerdasan intelektual dan spiritual digabung, lahirlah kecerdasan emosional,” ujar Prof Jamaluddin Jompa.

Setelah resmi dibuka oleh Rektor Unhas, acara dilanjutkan dengan perlombaan Musabaqah Tilawatil Qur’an di Lantai Dasar Gedung Rektorat. Selain itu, lomba lainnya digelar paralel yaitu Musabaqah Hifzil Quran 5 juz, Musabaqah Karya Tulis Ilmiah Kandungan Al-Qur’an dan penilaian Lomba Fotografi Ramadan.

Sedangkan untuk Lomba Ceramah Bahasa Daerah , Musabaqah Khaththil Qur'an, Musabaqah Tartil Qur'an, dan Musabaqah Syarhil Qur'an, Musabaqah Fahmil Qur'an dan Musabaqah Hifdzil Qur'an 10 juz digelar pada Selasa 11 April 2023. Untuk lomba Musabaqah Syarhil Al Qur'an digelar pada Rabu 12 April 2023 yang kemudian dilanjutkan dengan pengumuman dan penutupan MTQM 2023.

Baca Juga : IOH Masuk Kampus Kampanyekan Anti Hate Speech Lewat Kompetisi dan Festival Film Pendek SOS 2023

 

#unhas