Jumat, 07 April 2023 20:20

PT Vale Serah Terima Renovasi PKM Bahomotefe ke Pemkab Morowali

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
serah terima renovasi hibah Pelayanan Kesehatan Masyarakat (PKM) Bahomotefe kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Morowali di Bahomotefe, Bungku Timur, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah (Sulteng), Selasa (21/3/2023).
serah terima renovasi hibah Pelayanan Kesehatan Masyarakat (PKM) Bahomotefe kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Morowali di Bahomotefe, Bungku Timur, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah (Sulteng), Selasa (21/3/2023).

PT Vale Indonesia telah melakukan renovasi Pelayanan Kesehatan Masyarakat (PKM) Bahomotefe di Morowali, Sulawesi Tengah. Program CSR ini bertujuan meningkatkan kesehatan masyarakat dengan memberikan dukungan layanan kesehatan di wilayah tersebut.

RAKYATKU.COM, MOROWALI - Bidang kesehatan merupakan salah satu prioritas PT Vale Indonesia. Hal itu diwujudkan lewat pelaksanaan program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) di semua wilayah kerjanya, termasuk di Site Morowali.

Terbaru, PT Vale melaksanakan kegiatan serah terima renovasi hibah Pelayanan Kesehatan Masyarakat (PKM) Bahomotefe kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Morowali ditandai penandatanganan serah terima berita acara dan prasasti, Selasa (21/3/2023), di Bahomotefe, Bungku Timur, Morowali, Sulawesi Tengah (Sulteng).

Serah terima dilakukan langsung Project Director Indonesia Growth Project (IGP) Site Morowali, Topan Prasetyo, kepada Bupati Morowali, Taslim, yang disaksikan oleh Wakil Bupati Morowali, Najamudin.

Baca Juga : PT Vale Serahkan Bantuan Kemanusiaan Korban Banjir-Longsor Luwu

Turut hadir Kepala Dinas Kesehatan Morowali, Ashar M. Maruf, jajaran pimpinan perangkat daerah, Kepala PKM Bahomotefe, Hartia, Camat Bungku Timur, jajaran kepala desa, ketua BPD, ketua PKK, serta para leader PT Vale.

Bupati Morowali, Taslim, menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasinya atas komitmen PT Vale dalam mewujudkan program corporate social responcibility (CSR) di Morowali. Apalagi, kata dia, bantuan CSR yang diterima menyangkut salah satu kebutuhan mendasar masyarakat, yakni layanan kesehatan.

"Terima kasih kepada PT Vale yang sudah memberikan perhatian kepada kecamatan (Bungku Timur) sehingga memggelontorkan biaya sangat besar untuk memperbaiki puskesmas," ujarnya.

Baca Juga : PT Vale IGP Morowali Gelar Halalbihalal, Perkuat Silaturahmi Pemangku Kebijakan Lokal

Ia menilai, PKM Bahomotefe kini menjadi salah satu yang terbaik usai renovasi, terlebih didukung tenaga kesehatan yang mencapai lebih dari 80 orang.

"Fasilitas yang baik ini, tenaga yang banyak, kalau tidak didukung dengan komitmen yang baik, harapan kita tidak bisa terwujud. Semoga bisa menjaga dan merawat fasilitas yang ada agar pasien tetap bisa mendapatkan pelayanan yang terbaik," tuturnya.

Taslim juga menyampaikan kehadiran PT Vale di Morowali yang diharapkan menjadi contoh bagi perusahaan lain, baik dari sisi implementasi program CSR maupun dalam pertambangan berkelanjutan.

Baca Juga : Wabup Apresiasi Kontribusi PT Vale Besar Kembangkan SDM Luwu Timur

"Mudah-mudahan eksisnya PT Vale bisa menjadi contoh dan indikator bagi perusahaan lain dan pemerintah, baik dalam penerapan CSR maupun bagaimana menambang yang baik," ungkapnya.

Project Director PT Vale IGP Site Morowali, Topan Prasetyo, memaparkan renovasi PKM Bahomotefe adalah salah satu kontribusi dan dukungan sarana pendukung kesehatan yang dihadirkan melalui program PPM PT Vale bidang kesehatan.

Topan menuturkan, khusus untuk alokasi renovasi PKM Bahomotefe, alokasi anggarannya mencapi Rp4,2 miliar. Pembiayaannya meliputi pekerjaan sipil, yakni renovasi gedung, konstruksi fasilitas toilet baru, pembuatan pagar PKM, pekerjaan electrikal, pekerjaan mekanikal, dan pekerjaan arsitek.

Baca Juga : Resmikan Jalan Layang Terpanjang di Lutim, Bupati: Dorong Pertumbuhan Ekonomi

"Besar harapan kami, fungsi Puskesmas Bahomotefe sebagai pusat pembangunan kesehatan masyarakat semakin meningkat dan semakin kuat bagi Morowali, utamanya di wilayah kerjanya yang juga masuk dalam area pemberdaayaan PT Vale Indonesia. Tentunya, kesehatan yang baik akan semakin membawa kita menuju kesejahteraan bersama," paparnya.

Tak hanya di bidang kesehatan, program PPM PT Vale juga melingkupi dukungan untuk para petani, pendidikan vokasional, keagamaan, pelestarian budaya, infrastruktur desa, dan peningkatan kapasitas perangkat desa maupun aparat desa.

Sebelumnya, Kepala PKM Bahomotefe, Hartia, menyampaikan andil PT Vale sangat besar dalam mengubah fasilitas layanan PKM yang dipimpinnya. Dahulu, jika hujan kondisi PKM sangat memprihatinkan. Kini, setelah dibantu PT Vale semuanya menjadi makin baik.

Baca Juga : PT Vale Sumbang 4.000 Bibit untuk Sedekah Pohon Pemprov Sulsel

"Puskesmas ini dulunya sangat memprihatikan. Kalau hujan banjir di dalam ruangan hingga menghambat pelayanan. Renovasi ini diluar ekspektasi dan sangat membantu pelayanan kesehatan ke masyarakat," ungkap Hartia di sela-sela media visit PT Vale pada Februari 2023 lalu.

#PT Vale Indonesia