Rabu, 05 April 2023 15:15

RSUD Andi Makkasau Parepare Bersiap untuk Final Survei Akreditasi

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kunjungan tim survei simulasi akreditasi rumah sakit dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI di RSUD Andi Makkasau, Kota Parepare, Sulawesi Selatan (Sulsel), Rabu (5/3/2023).
Kunjungan tim survei simulasi akreditasi rumah sakit dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI di RSUD Andi Makkasau, Kota Parepare, Sulawesi Selatan (Sulsel), Rabu (5/3/2023).

Tim survei simulasi akreditasi rumah sakit dari KARS Kemenkes RI melakukan kunjungan ke RSUD Andi Makkasau, Parepare, Sulsel, dalam rangka melihat kondisi pelayanan dan kesiapan rumah sakit dalam memberikan pelayanan maksimal kepada pasien. RSUD Andi Makkasau Parepare dipimpin Direktur Renny Anggraeny Sari berharap penilaian ini dapat membawa RS mendapatkan akreditasi paripurna.

RAKYATKU. COM, PAREPARE - Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau menerima kunjungan tim survei simulasi akreditasi rumah sakit dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

Tim diterima di Aula RSUD Andi Makkasau, Kota Parepare, Sulawesi Selatan (Sulsel), Rabu (5/3/2023), oleh Direktur RSUD Andi Makkasau, Renny Anggraeny Sari; Wakil Direktur Bidang Pelayanan, Ibrahim Kasim; Wakil Direktur Bidang Administrasi Keuangan, Andi Cenrara; dan Dewan Pengawas serta seluruh jajaran rumah sakit.

Ada tiga orang menjadi tim survei, yakni dr. Budiharto, dr. Ramli Isa Kukuh, dan Ns. Kusnanto.

Baca Juga : Pj Wali Kota Parepare Akan Boyong Kadis dan Pengusaha Tinjau IKN

Direktur RSUD Andi Makkasau, Renny Anggrainy Sari, menyampaikan terimakasih dan apresiasi.

Ia mengatakan, tim survei simulasi tersebut berkunjung dalam rangka melihat secara langsung kondisi pelayanan dan kesiapan dari RSUD Andi Makkasau dalam memberikan pelayanan maksimal kepada pasien.

"Terima kasih atas kedatangannya di Kota Cinta B.J. Habibie Parepare. Kami sangat mengharapkan bimbingan dan masukannya karena tidak lama lagi kami akan melakukan final survei akreditasi," ujar Renny.

Baca Juga : PAD Triwulan Pertama Pemkot Parepare Lampaui Target , RSUD Andi Makkasau Tertinggi

Renny menegaskan, apa yang menjadi masukan dari tim survei nantinya akan segera ia lakukan pembenahan.

"Tentu kami akan menindaklanjuti sesegera mungkin apa yang menjadi masukan dari surveyor. Kami harap penilaian ini dapat membawa RS kami mendapatkan akreditasi paripurna," tutur Renny.

Ketua tim survei, dr. Budiharto, dalam keterangannya menyampaikan harapan kepada pihak manajemen RSUD Andi Makkasau Parepare.

Baca Juga : Pj Wali Kota Parepare Lepas 300 Peserta Mudik Gratis ke Balikpapan

Ia mengungkapkan, secara garis besar RS tipe B tersebut telah memenuhi syarat dan tinggal sedikit hal yang menjadi catatan untuk perlu dibenahi.

"Kiat yang perlu dilakukan dalam survei ini adalah terkait prognas, itu nilainya harus 100. Susunan penerimaan tamu sudah bagus. Kita juga minta sampaikan apa adanya dalam survei lapangan agar dapat kita benahi. Semoga RSUD Andi Makkasau dapat meraih akreditasi paripurna," terang Budiharto.

Akreditasi rumah sakit merupakan sebuah pengakuan terhadap mutu pelayanan rumah sakit setelah dilakukan penilaian bahwa rumah sakit telah memenuhi standar akreditasi yang disetujui oleh pemerintah.

Baca Juga : Pemkot Parepare Gelar Hala Bihalal Usai Libur Panjang Lebaran

Dalam rangka pelaksanaan akreditasi rumah sakit, Kemenkes RI telah menetapkan standar akreditasi rumah sakit yang berlaku secara nasional melalui Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/1128/2022 tentang Standar Akreditasi Rumah Sakit.

Peningkatan mutu dan keselamatan pasien merupakan kewajiban rumah sakit dalam memberikan pelayanan kepada pasien. Evaluasi mutu dapat dilakukan secara internal melalui komite rumah sakit dan secara eksternal melalui akreditasi rumah sakit.

Penulis : Hasrul Nawir
#RSUD Andi Makkasau #Pemkot Parepare