Rabu, 05 April 2023 00:37

Finlandia Resmi Gabung NATO

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Menteri Luar Negeri Finlandia Pekka Haavisto, kiri, menyerahkan dokumen aksesi negaranya kepada Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken, kanan, dalam pertemuan para menteri luar negeri NATO di markas NATO di Brussels, Selasa, 4 April 2023. (JOHANNA GERON /  POOL / AFP)
Menteri Luar Negeri Finlandia Pekka Haavisto, kiri, menyerahkan dokumen aksesi negaranya kepada Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken, kanan, dalam pertemuan para menteri luar negeri NATO di markas NATO di Brussels, Selasa, 4 April 2023. (JOHANNA GERON / POOL / AFP)

Langkah itu dikonfirmasi di markas blok di Brussels pada hari Selasa

RAKYATKU.COM - Finlandia resmi menjadi anggota NATO ke-31. Aksesi Helsinki dimungkinkan setelah parlemen Turki menyetujui langkah tersebut Kamis lalu, menjadikannya negara terakhir yang meratifikasi perluasan blok militer pimpinan AS.

Menteri Luar Negeri Finlandia Pekka Haavisto membuat perjanjian aksesi negaranya di markas NATO di Brussels pada hari Selasa, sebelum menyerahkannya dalam upacara resmi kepada Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken.

“Dengan diterimanya instrumen aksesi ini, kami sekarang dapat menyatakan bahwa Finlandia adalah anggota ke-31 Perjanjian Atlantik Utara,” kata diplomat tinggi AS itu.

Baca Juga : Tekanan Barat Mendekatkan Tiongkok dan Rusia

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg, yang juga hadir, menggambarkan acara tersebut sebagai “ hari bersejarah. Dia melanjutkan dengan memprediksi bahwa blok militer akan segera menyambut Swedia juga.

Proses tersebut diperkirakan akan selesai secara resmi pada pertemuan puncak NATO di Lituania pada bulan Juli.

Pada hari Sabtu, surat kabar Resmi Türkiye Resmi Gazete mengkonfirmasikan bahwa Presiden Recep Tayyip Erdogan telah menyetujui kesepakatan untuk mengumumkan Finlandia, yang telah didukung dengan suara bulat oleh anggota parlemen Turki awal pekan itu.

Baca Juga : Rusia: Pemimpin Kelompok Wagner Dipastikan Tewas dalam Kecelakaan Pesawat

Langkah itu didahului dengan pemungutan suara di legislatif Hungaria Senin lalu, yang juga memberikan lampu hijau untuk tawaran Helsinki.

Dukungan dari semua negara NATO diperlukan untuk menerima anggota baru. Aksesi Finlandia telah diblokir selama berbulan-bulan oleh Türkiye, yang menuduhnya mendukung “kelompok teroris” Kurdi seperti Partai Pekerja Kurdistan (PKK).

Awal bulan ini, Erdogan menyatakan kepuasannya dengan " langkah-langkah otentik dan konkret " yang mengambil Finlandia untuk mengatasi masalah Türkiye.

Baca Juga : Putin Angkat Bicara Terkait Kecelakaan Pesawat yang Diduga Tewaskan Bos Wagner

Swedia, yang menawarkan menawarkan NATO bersama dengan Finlandia Mei lalu, sejauh ini gagal, menurut Ankara. Tawaran Stockholm tetap dalam klaim, dengan otoritas Turki menyampaikan keluhan keamanan yang serupa dengan yang diajukan ke Finlandia.

Swedia dan Finlandia mengabaikan kenetralan militer mereka yang telah berlangsung lama tahun lalu, mengutip kampanye Rusia melawan Ukraina dan ancaman yang dirasakan dari Moskow.

Rusia telah berulang kali mengubah bahwa mereka akan menanggapi ekspansi NATO dengan memperkuat pertahanannya di barat laut negara itu. Sebelumnya, Moskow mengutip perluasan lebih lanjut blok itu sebagai salah satu alasan konflik Rusia-Ukraina.

Baca Juga : Negara-negara BRICS Serukan Penolakan Standar Ganda Dalam Melindungi HAM

Sumber: RT

#NATO #Rusia #Amerika Serikat