Senin, 03 April 2023 09:09

Ajang Silaturahmi Seniman Musik dan Masyarakat, Musik Indonesia Keren Edisi Ramadan Digelar di Makassar

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) PAPPRI Sulawesi Selatan (Sulsel), Ilham Arief Sirajuddin atau IAS (kanan).
Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) PAPPRI Sulawesi Selatan (Sulsel), Ilham Arief Sirajuddin atau IAS (kanan).

Musik Indonesia Keren Edisi Ramadan akan digelar di lima kota di Indonesia. Acara ini akan menampilkan artis penyanyi dan musisi nasional serta daerah. Makassar dipilih sebagai salah satu tuan rumah acara ini dan akan melibatkan berbagai komunitas musik daerah/etnik.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Momentum Hari Musik Nasional ke-20 (HMN20), Dewan Pimpinan Pusat Persatuan Artis Penyanyi, Pencipta Lagu, dan Pemusik Republik Indonesia (DPP PAPPRI) akan menyelenggarakan acara bertajuk Musik Indonesia Keren Edisi Ramadan.

Acara ini direncanakan akan digelar di lima kota di Indonesia, yaitu Medan (4 April), Makassar (6 April), Manado (11 April), Surabaya (13 April), dan Jakarta (16 April).

Sebelumnya, PAPPRI telah menggelar acara peringatan HMN20 di Bandung dan Jakarta. Di Makassar sendiri nanti, tidak hanya menggelar konser musik, tetapi juga talkshow, tausiah, dan buka bersama.

Baca Juga : PAPPRI Sulsel Gelar South Sulawesi Music Festival 2024, Wadah Cetak Talenta Musik Berkualitas

Selain mendatangkan artis penyanyi dan musisi nasional, acara ini juga akan menampilkan para musisi dan penyanyi daerah.

Beberapa artis penyanyi dan musisi yang akan hadir dalam gelaran ini di antaranya Once Mekel, Dwiki Darmawan, Marcel Siahaan, Ita Purnamasari, Ikke Nurjanah, Andre Hehanussa, Gilang Ramadhan, Udhin Leaders, Gyant Hidayah, Daeng Serang Dakko, Masyita, Andi Riri, Jum, Bhoer, Randy Wilson, Retrospective Band, dan lainnya.

Menurut Once Mekel, Ketua Panitia Pelaksana HMN20, perayaan HMN20 ini dimaksudkan untuk membangun silarutahmi dan konsolidasi antara DPP PAPPRI dengan pengurus daerah serta mendorong kolaboratif musik daerah/etnik.

Baca Juga : Berbagai Kalangan Doakan dan Dukung IAS Pimpin Sulsel 2024 Mendatang

Selain itu, acara ini juga dimaksudkan untuk lebih menghidupkan dan memperkuat ekosistem musik nasional sehingga dapat memperkuat persatuan dan membuka kesadaran kebangsaan.

“Musik memiliki fungsi yang beragam. Tidak hanya sekadar fungsi entertain, ekonomi, dan edukasi, tetapi musik juga memiliki peran penting dalam membangkitkan semangat kebangsaan suatu masyarakat," kata Once yang juga menjadi Ketua Bidang Program DPP PAPPRI dalam keterangannya, Ahad (2/4/2023).

Melalui acara ini Once berharap dapat lebih membangkitkan semangat para seniman musik untuk terus berkreasi dan mengembangkan kemampuan bermusik sehingga mampu menghasilkan karya musik keren.

Baca Juga : RAPI-Auto Fox Hunting Series Bakal Jelajahi Sulsel, Berjarak 1.314 Km

"Hampir tiga tahun para musisi tidak dapat manggung karena pandemi Covid-19. Kami ingin menjadikan HMN20 kali ini sebagai bagian dari momentum kebangkitan kembali para seniman musik dan terus mendorong seni musik daerah/etnik karena Indonesia kaya akan ragam musik," lanjut Once.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PAPPRI, Dwiki Dharmawan, mengatakan Musik Indonesia Keren Edisi Ramadhan merupakan ajang silaturahmi para seniman musik Indonesia dengan masyarakat secara umum.

"Dalam acara ini akan terjadi silaturahmi antara pengurus PAPPRI dengan masyarakat dan komunitas musik dari berbagai kalangan. Saya berharap agar acara ini dapat menjadi oase yang mempertemukan berbagai sumber kreativitas anak bangsa sehingga dapat merajut keberagaman yang ada," tuturnya.

Baca Juga : Haji Sila Cerita Kebiasaan Eks Bupati Gowa yang Menurun ke IAS

Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) PAPPRI Sulawesi Selatan (Sulsel), Ilham Arief Sirajuddin (IAS), mengungkapkan ditunjuknya Makassar dan DPD PAPPRI Sulsel sebagai salah satu tuan rumah event ini sudah seharusnya disambut dengan baik dan rasa bangga. Sebab, dari sekian banyak kota di Indonesia, Makassar terpilih untuk melaksanakan event ini.

"Makassar dan Sulsel memiliki sejarah panjang dalam melahirkan banyak musisi besar tanah air. Sulsel memang sampai saat ini adalah salah satu provinsi yang sangat banyak menyelenggarakan event musik. Saya berharap event ini bisa menjadi ajang silaturahmi para artis dan masyarakat di Sulsel. Jadi, mari-ki ramaikan acara ini dengan datang ke Pipo Mall," ungkapnya.

Acara ini akan dilaksanakan mulai pukul 13.00 hingga bedug Magrib di Mall Phinisi Point Makassar. Untuk melaksanakan acara ini, DPP PAPPRI bekerja sama para pengurus DPD PAPPRI dan melibatkan berbagai komunitas musik daerah/etnik.

#hari musik nasional #DPP PAPPRI #DPD PAPPRI Sulsel #Ilham Arief Sirajuddin