Jumat, 31 Maret 2023 23:13

Pekan Kedua Ramadan, DP2KUKM Luwu Utara: Harga Kebutuhan Pokok Relatif Stabil

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pemantauan harga komoditas pangan serta pengawasan barang kedaluwarsa di Pasar Sabbang, Kamis (30/3/2023).
Pemantauan harga komoditas pangan serta pengawasan barang kedaluwarsa di Pasar Sabbang, Kamis (30/3/2023).

DP2KUKM Luwu Utara melakukan pemantauan harga komoditas pangan dan pengawasan barang kedaluwarsa di Pasar Sabbang, yang menunjukkan harga relatif stabil memasuki pekan kedua Ramadan. DP2KUKM akan menyelenggarakan pasar murah terpusat di Kota Masamba untuk mengantisipasi adanya lonjakan harga menjelang Lebaran.

RAKYATKU.COM, LUWU UTARA - Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah (DP2KUKM) Kabupaten Luwu Utara, bersama perangkat daerah terkait lainnya, kembali turun memantau harga komoditas pangan serta pengawasan barang kedaluwarsa di Pasar Sabbang, Kamis (30/3/2023).

Dari hasil pemantauan memasuki pekan kedua Ramadan 1444 H/2023 M, tercatat harga komoditas pangan dan kebutuhan pokok lainnya relatif stabil. Tidak ada lonjakan harga signifikan. Kondisi ini diharapkan bertahan sampai perayaan Lebaran Idulfitri mendatang. Sementara, untuk stok juga masih cukup aman sampai beberapa hari ke depan.

Beras premium, misalnya, yang saat ini masih di kisaran Rp13.000/kg. Pun dengan gula pasir, mentega, dan minyak goreng. Meski begitu, terdapat komoditas lain yang sedikit mengalami kenaikan, seperti bawang merah, bawang putih, dan cabai besar, termasuk beberapa ikan segar, yang juga mengalami sedikit kenaikan, meski tidak terlalu signifikan. Sementara, daging sapi, ayam, telur dan tepung terigu juga ada sedikit kenaikan dibanding minggu lalu. Namun, kenaikannya juga tidak terlalu signifikan.

Baca Juga : Bupati Luwu Utara Apresiasi Kamp Pemuda PPGT Klasis Sangbualambe'

Sekretaris DP2KUKM, Hasruddin Kujje, mengatakan kenaikan harga bawang merah, bawang putih, dan cabai besar dipicu kurangnya pasokan ke pedagang akhir-akhir ini sehingga harga sedikit mengalami kenaikan.

"Memang ada beberapa komoditas yang mengalami kenaikan, seperti bawang merah, bawang putih, dan cabai, tetapi secara keseluruhan harga relatif masih stabil," kata Hasruddin.

Ia membeberkan, ikan segar dan susu kaleng juga sedikit mengalami kenaikan. Namun, kata dia, stabilisasi harga kebutuhan pokok masyarakat di Pasar Sabbang masih terjaga.

Baca Juga : Bupati Lutra: Bendungan Rongkong Jadi Kebutuhan Prioritas Mendesak

"Pada umumnya di sini tidak terlalu mengalami kenaikan harga yang signifikan. Termasuk juga stok yang kami dapatkan masih cukup aman untuk beberapa hari ke depan," terangnya.

Adapun langkah-langkah yang akan dilakukan guna mengantisipasi adanya lonjakan harga menjelang Idulfitri mendatang, pihaknya dalam waktu dekat akan menyelenggarakan pasar murah terpusat di Kota Masamba.

"Langkah-langkah yang akan kita lakukan adalah dengan menggelar pasar murah yang dipusatkan di Masamba," jelasnya.

Baca Juga : Disdikbud Luwu Utara Santuni Ratusan Yatim Piatu

"Ini sementara kami buatkan perencanaannya. Insyaallah, dua minggu jelang Lebaran kita akan laksanakan. Semoga dengan adanya pasar murah ini, masyarakat sedikit terbantukan karena harga yang ditawarkan juga akan lebih murah dari biasanya," imbuhnya.

Turut dalam pemantauan ini dari Dinas Pertanian (Distan), Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPKP), Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (Diskominfo-SP), Bagian Ekonomi Sekretariat Daerah, serta Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP). Pemantauan juga melibatkan Polres Luwu Utara.

#pemkab luwu utara #DP2KUKM Luwu Utara