Rabu, 29 Maret 2023 18:51

Kunjungan Presiden Jokowi Diharapkan Jadi Spirit Kembalikan Kejayaan Sutera di Sulsel

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kunjungan Presiden Jokowi Diharapkan Jadi Spirit Kembalikan Kejayaan Sutera di Sulsel

"Yang menarik adalah fokus kita pada produk sutera mulai hulu sampai hilir yang sekarang sementara dikembangkan di Kabupaten Wajo"

RAKYATKU.COM - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berharap Kabupaten Wajo dan Sulawesi Selatan tetap semangat untuk mengembalikan kejayaan sutera.

Hal tersebut disampaikan Presiden Jokowi saat mengunjungi stand pameran Dekranasda Kabupaten Wajo di sela-sela kunjungannya meresmikan pengoperasian jalur kereta api (KA) Makassar-Parepare Antar Maros-Barru di Kabupaten Maros pada Rabu (29/03/2023).

UMKM ini digelar oleh Pemprov Pameran Sulsel di Stasiun Kereta Api Rammang-Rammang, Kabupaten Maros dan diikuti Kabupaten/Kota yang memiliki produk unggulan antara lain Kabupaten Wajo, Bantaeng, Bulukumba, Gowa, Bone, Maros dan Pangkep.

Baca Juga : DPRD Wajo Gelar Rapat Paripurna LKPJ Tahun 2023 Bersama Pj Bupati

Tampak Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Ibu Iriana Joko Widodo memborong sutera asli Kabupaten Wajo yang menggunakan pewarna alam yang ada di Stand Dekranasda Wajo.

Selain itu, Orang Nomor Satu di Republik ini juga memboyong ukiran wajahnya yang menggunakan kayu yang merupakan karya putra Kecamatan Tanasitolo, Kabupaten Wajo.

Ketua Dekranasda Kabupaten Wajo, Sitti Maryam menyampaikan terima kasih atas kesediaan Bapak Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Ibu Iriana Joko Widodo bersama rombongan yang didampingi Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman dan Ketua Dekranasda Sulsel, Naoemi Octarina, berkenan mengunjungi bahkan memborong produk di stand pameran Dekranasda Wajo.

Baca Juga : Bersama Pj Bupati dan Forkopimda Kabupaten Wajo Tanam dan Panen Perdana Cabai di Majauleng

Ada beberapa produk UMKM yang kita tampilkan di booth kami, diantaranya ukiran wajah dari kayu produk Kecamatan Tanasitolo, produk olahan pangan kerajinan bosara.

"Yang menarik adalah fokus kita pada produk sutera mulai hulu sampai hilir yang sekarang sementara dikembangkan di Kabupaten Wajo. Bahkan, kita menampilkan kokon yang baru di panen oleh petani di Wajo 3 hari lalu," ucapnya.

Ketua TP PKK Wajo ini berharap, kunjungan dari Bapak Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Ibu Iriana Joko Widodo bisa menjadi spirit untuk Pemda, Dekranasda dan para pengusaha yang terkait sutera untuk mengembalikan kejayaan sutera di Sulsel, khususnya di Wajo.

Baca Juga : Menyusun RKPD Tahun 2025, Pemkab Wajo Gelar Musrenbang

Sebagai informasi, Kunjungan Presiden Joko Widodo kali ini adalah untuk meresmikan pengoperasian jalur kereta api (KA) Makassar-Parepare Antar Maros-Barru.. Acara tersebut berlangsung di Depo Kereta Api Maros, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan yang juga turut diresmikan Presiden.

Selain Ibu Negara Ibu Iriana Joko Widodo, urut mendampingi Presiden, antara lain, Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, dan Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman.

 

Penulis : Abd Rasyid. MS
#pemkab wajo #Amran Mahmud #Andi Sudirman Sulaiman