Selasa, 28 Maret 2023 12:20

Mendagri Minta Pemda Perbanyak Bansos di Bulan Ramadan

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian. (Foto: Kemendagri)
Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian. (Foto: Kemendagri)

Mendagri, Tito Karnavian, meminta pemda memperbanyak pemberian bansos di bulan Ramadan. Pemberian bansos dinilai sangat penting untuk masyarakat yang tidak mampu, rentan, dan mengalami kesusahan, serta dapat memperkuat daya beli masyarakat dan upaya pengendalian inflasi.

RAKYATKU.COM, JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian, meminta pemerintah daerah (pemda) memperbanyak pemberian bantuan sosial (bansos) di bulan Ramadan.

Hal itu disampaikannya saat memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi Daerah secara hibrida dari Gedung Sasana Bhakti Praja (SBP) Kantor Pusat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jakarta, Senin (27/3/2023).

"Surat Edaran (SE) yang akan saya keluarkan kepada rekan-rekan gubernur, bupati, wali kota, pertama adalah memperbanyak bansos. Ini drafnya sebentar lagi akan kita sampaikan hari ini, memperbanyak kegiatan bansos, pemberian bansos, baik tunai maupun non-tunai, sembako misalnya, dari pos anggaran bansos, ini genjot di bulan ini," ujar Tito.

Baca Juga : Jokowi Diminta Menyetop Politisasi Bansos

Tito menyampaikan, pemberian bansos sangat penting, khususnya untuk masyarakat yang tidak mampu, rentan, dan mengalami kesusahan. Selain itu, pemberian bansos juga dinilai akan memperkuat daya beli masyarakat.

“Kalau diberikan uang tunai, ya, otomatis daya belinya akan tinggi, diberikan sembako ketahanan pangannya akan kuat,” tuturnya.

Tito menambahkan, pemberian bansos juga akan memperkuat upaya pengendalian inflasi. Sebab, masyarakat dibantu dalam hal pangan dan keuangan. Selain itu, hal ini juga dapat membangun simpati publik dan apresiasi dari masyarakat.

Baca Juga : Apresiasi Program Jalan Sehat Anti Mager Sulsel, Mendagri Tito: Viralkan!

Tak hanya itu, Tito juga mendorong pelaksanaan kegiatan sosial bersama dengan anak-anak yatim, para kaum duafa, dan masyarakat yang tidak mampu di tempat mereka tinggal.

"Bersama para masyarakat yang tidak mampu di slum area, di pinggir kali, makan nasi kotak bersama. Setelah itu, bagikan bansos kepada mereka. Nah, itu akan sangat menyentuh, dan ini kalau semua bergerak, para gubernur turun, para bupati/wali kota turun, camat turun, kepala desa, makan bersama, buka puasa bersama di tempat-tempat seperti ini," paparnya.

#kemendagri #Tito Karnavian #Ramadan 2023 #bantuan sosial