Senin, 27 Maret 2023 17:36

BBPOM Makassar Lakukan Pengujian Takjil

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
BBPOM Makassar Lakukan Pengujian Takjil

"Kalau ada temukan zat berbahaya kita akan kerjasama dengan Dinkes untuk pembinaan usah. Namun juga sangat perlu ada penelusuran lebih lanjut dimana barang itu diambil,"

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - BBPOM Makassar melakukan pengawasan dan pengujian takjil melalui mobil lab Keliling di jalan Mappanyukki pada Senin 27/3/2023 sore.

Hamka Hasan, Kepala Bidang Pemeriksaan BBPOM Makassar menyebut pengawasan tersebut untuk menjaga masyarakat dari makanan yang mengganggu kesehatan.

"Dalam menyambut bulan ramadhan dilakukan pengawasan jajanan takjil untuk lindungi masyarakat jangan sampai mengandung bahan bahaya," kata Hamka.

Baca Juga : Cegah Aksi Kejahatan di Penghujung Ramadhan, Polsek Sabbangparu Patroli Pasar Rakyat Salojampu

Adapun yang menjadi fokus dalam pengambilan sampel tersebut seperti pewarna, pengawet, formalin, boraks. Pasalnya, bahan-bahan tersebut berbahaya untuk kesehatan.

Namun sejauh yang dilakukan sampel, belum ditemukan adanya zat berbahaya.

"Yang diambil sampel yang diduga, yang dianggap baik tidak. Proses pengujian cepat karena langsung menggunakan lab keliling.

Baca Juga : Didukung PT. Ujung Pandang Perkasa, Evalube Berbagi Kebahagiaan di Bulan Ramadan

Dikatakan, kegiatan seperti ini kan rutin dilakukan dua hari dalam sepekan yang dilakukan dengan berpindah tempat. Dimana hari ini menjadi hari pertama.

"Kalau ada temukan zat berbahaya kita akan kerjasama dengan Dinkes untuk pembinaan usah. Namun juga sangat perlu ada penelusuran lebih lanjut dimana barang itu diambil," jelasnya.

 

#BBPOM Makassar #Ramadhan