Selasa, 21 Maret 2023 20:33

Xi Jinping Bertemu Putin di Moskow

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Presiden China Xi Jinping bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Kremlin setibanya di Moskow, Rusia, 20 Maret 2023. (Xinhua/Shen Hong)
Presiden China Xi Jinping bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Kremlin setibanya di Moskow, Rusia, 20 Maret 2023. (Xinhua/Shen Hong)

Kedua presiden mengatakan bahwa mereka menantikan pembicaraan formal pada hari berikutnya untuk menyusun cetak biru baru untuk koordinasi kemitraan strategis komprehensif China-Rusia di tahun-tahun mendatang

RAKYATKU.COM  - Presiden China Xi Jinping bertemu dengan mitranya dari Rusia, Vladimir Putin di Kremlin setibanya di Moskow pada Senin, 20 Maret.

Ketika Xi sampai di Kremlin, dia diterima oleh Komandan Kremlin di titik turun. Putin dengan hangat berjabat tangan dan berfoto bersama Xi. Kedua presiden melakukan transaksi yang mendalam dan jujur tentang hubungan China-Rusia dan masalah-masalah yang menjadi kepentingan bersama.

Xi mencatat bahwa dia senang melakukan kunjungan kenegaraan lainnya ke Rusia atas undangan Putin, menambahkan bahwa Rusia adalah negara pertama yang dia kunjungi setelah dia terpilih sebagai presiden 10 tahun lalu dan kenangan dari kunjungan itu tetap segar hingga hari ini.

Baca Juga : Tekanan Barat Mendekatkan Tiongkok dan Rusia

Xi mengatakan bahwa selama 10 tahun terakhir, dia dan Putin tetap berhubungan dekat dan menyatakan penghargaannya kepada Putin karena segera mengiriminya pesan ucapan selamat atas terpilihnya kembali sebagai sekretaris jenderal Komite Sentral Partai Komunis China (CPC) oleh Kongres Nasional BPK ke-20 dan pada pemilihannya kembali belum lama ini sebagai presiden Tiongkok.

Dia mencatat bahwa Rusia akan mengadakan pemilihan presiden tahun depan, dan di bawah kepemimpinan Putin yang kuat, Rusia telah membuat kemajuan yang baik dalam pembangunan dan peremajaan. Xi mengatakan dia yakin rakyat Rusia akan terus memberikan dukungan tegas kepada Putin.

Xi menekankan bahwa ada logika sejarah yang mendalam bagi hubungan China-Rusia untuk mencapai seperti sekarang ini. China dan Rusia adalah tetangga terbesar satu sama lain dan mitra koordinasi strategis yang komprehensif. Kedua negara melihat hubungan mereka sebagai prioritas tinggi dalam keseluruhan diplomasi dan kebijakan urusan luar negeri.

Baca Juga : Rusia: Pemimpin Kelompok Wagner Dipastikan Tewas dalam Kecelakaan Pesawat

China selalu menjunjung tinggi kebijakan luar negeri yang independen. Untuk mengkonsolidasikan dan mengembangkan hubungan China-Rusia dengan baik adalah pilihan strategis yang dibuat China atas dasar kepentingan fundamentalnya sendiri dan tren yang berlaku di dunia, kata Xi.

China tegas dalam menjaga arah umum untuk memperkuat koordinasi strategis dengan Rusia, kata Xi, menambahkan bahwa China dan Rusia berkomitmen untuk mewujudkan pembangunan dan peremajaan nasional, mendukung multi-polaritas dunia dan bekerja untuk demokrasi yang lebih besar dalam hubungan internasional.

Xi mengatakan kedua negara harus lebih memperdalam kerja sama praktis di berbagai bidang dan memperkuat koordinasi dan kolaborasi pada platform multilateral seperti PBB untuk mendorong pembangunan dan peremajaan nasional masing-masing, serta menjadi benteng bagi perdamaian dan stabilitas dunia.

Baca Juga : Putin Angkat Bicara Terkait Kecelakaan Pesawat yang Diduga Tewaskan Bos Wagner

Putin menyampaikan sambutan hangat kepada Xi atas kunjungan kenegaraannya ke Rusia dan sekali lagi dengan hangat mengucapkan selamat kepadanya atas terpilihnya kembali sebagai presiden China.

Putin mengatakan bahwa dalam 10 tahun terakhir China telah membuat prestasi yang mengesankan dan luar biasa di semua bidang pembangunan. Ini karena kepemimpinan Xi yang luar biasa dan membuktikan kekuatan sistem politik dan sistem pemerintahan nasional Tiongkok.

Putin mengatakan dia yakin bahwa di bawah kepemimpinan kuat Xi, China pasti akan terus berkembang dan makmur serta berhasil mewujudkan semua tujuan besar yang telah ditetapkan.

Baca Juga : Negara-negara BRICS Serukan Penolakan Standar Ganda Dalam Melindungi HAM

Dengan upaya bersama oleh kedua belah pihak, hubungan Rusia-Tiongkok dalam beberapa tahun terakhir telah memberikan hasil yang bermanfaat di berbagai bidang, kata Putin, menambahkan bahwa Rusia siap untuk terus memperdalam kerja sama praktis bilateral, meningkatkan komunikasi dan kolaborasi dalam urusan internasional, dan mempromosikan dunia. multi-polaritas dan demokrasi yang lebih besar dalam hubungan internasional.

Kedua belah pihak melakukan pertukaran pandangan yang mendalam tentang masalah Ukraina.

Xi menekankan bahwa, dalam masalah Ukraina, suara untuk perdamaian dan rasionalitas sedang dibangun. Sebagian besar negara mendukung meredakan ketegangan, mendukung pembicaraan damai, dan menentang menambah bahan bakar ke api. Tinjauan sejarah menunjukkan bahwa konflik pada akhirnya harus diselesaikan melalui dialog dan negosiasi.

Baca Juga : Presiden Ukraina Yakin Pengiriman Jet Tempur F-16 AS Dapat Mengakhiri Invasi Rusia

China merilis dokumen tentang posisinya dalam krisis Ukraina, menganjurkan penyelesaian politik krisis dan menolak mentalitas Perang Dingin dan sanksi sepihak, kata Xi.

China percaya bahwa semakin banyak kesulitan yang ada, semakin besar pula kebutuhan untuk mempertahankan ruang bagi perdamaian. Semakin akut masalahnya, semakin penting untuk tidak menyerah pada upaya dialog. China akan terus memainkan peran konstruktif dalam mempromosikan penyelesaian politik masalah Ukraina, kata Xi.

Sementara itu, Putin mengatakan bahwa Rusia menghargai China karena secara konsisten menegakkan posisi yang tidak memihak, objektif, dan seimbang serta membela keadilan dan keadilan dalam isu-isu internasional utama. Rusia telah mempelajari kertas posisi China dengan hati-hati tentang penyelesaian politik masalah Ukraina dan terbuka untuk pembicaraan demi perdamaian. Rusia menyambut China untuk memainkan peran konstruktif dalam hal ini.

Baca Juga : Presiden Ukraina Yakin Pengiriman Jet Tempur F-16 AS Dapat Mengakhiri Invasi Rusia

Presiden kedua mengatakan bahwa mereka menyusun pembicaraan formal pada hari berikutnya untuk menyusun cetak biru baru untuk koordinasi kemitraan strategis komprehensif China-Rusia di tahun-tahun mendatang.

Sumber: Xinhua

#Rusia #China