Selasa, 21 Maret 2023 15:40

Perdana Menteri Jepang Melakukan Kunjungan ke Ukraina 

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
PM Jepang Fumio Kishida (dok. Du Xiaoyi/Pool Photo via AP)
PM Jepang Fumio Kishida (dok. Du Xiaoyi/Pool Photo via AP)

Kunjungan tersebut dipersiapkan dengan mempertimbangkan keamanan informasi, dan Tokyo, bertentangan dengan prosedur yang diterima, tidak mengumumkan perjalanan tersebut

RAKYATKU.COM - Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida, yang memimpin G7, telah melakukan kunjungan ke Ukraina, kata seorang diplomat Jepang kepada koresponden TASS pada hari Selasa, tanpa memberikan rincian perjalanan tersebut.

Menurut Kementerian Luar Negeri Jepang, Kishida dalam pidatonya di Kiev akan mengutuk Rusia, mengungkapkan solidaritas dengan Ukraina, mengonfirmasi dukungan Tokyo, serta menunjukkan tekad untuk "mendukung tatanan berbasis aturan internasional."

 

Kunjungan tersebut dipersiapkan dengan mempertimbangkan keamanan informasi, dan Tokyo, bertentangan dengan prosedur yang diterima, tidak mengumumkan perjalanan tersebut. Kishida tiba di Polandia (dari mana dia menuju ke Ukraina) dengan penerbangan charter dari India, tempat dia melakukan kunjungan resmi. Menurut jadwal resminya, dia diperkirakan akan meninggalkan India pada 21 Maret.

Baca Juga : Unismuh Makassar dan SMARTI Resmi Jalin Kerjasama

Ini adalah kunjungan pertama Kishida ke Ukraina sejak dimulainya operasi militer khusus Rusia. Dia adalah pemimpin G7 terakhir yang mengunjungi negara itu. Kishida didampingi oleh Sekretaris Dewan Keamanan Nasional Jepang Takeo Akiba dan pejabat Kementerian Luar Negeri.

Sumber: TASS

#Ukraina #Jepang