Senin, 13 Maret 2023 13:09

Enam Tempat Wisata Menarik di Yogyakarta yang Tetap Buka Saat Lebaran

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)
Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

Naskah ini juga menyebutkan enam tempat wisata menarik yang tetap buka saat Lebaran di Yogyakarta yang dapat dikunjungi dengan menyewa mobil melalui aplikasi Traveloka, seperti Kawasan Malioboro, Alun-Alun Kidul, Kampung Wisata Taman Sari, Hutan Pinus Mangunan, South Sore, dan Goa Jomblang.

RAKYATKU.COM - Salah satu kegiatan yang banyak dan juga lumrah dilakukan menjelang Lebaran Idulfitri adalah mudik. Mudik umumnya identik dengan masyarakat yang bekerja di kota besar dan akan mengunjungi keluarga di kampung halaman.

Salah satu kota yang banyak dikunjungi pemudik adalah Yogyakarta. Kota yang terletak di selatan tengah Pulau Jawa ini menjadi salah satu kota yang ramai dikunjungi pemudik tiap tahunnya. Untuk mengisi hari libur yang didapat, banyak pemudik yang mengunjungi destinasi wisata di Yogyakarta.

Agar bisa berlibur dengan mudah dan nyaman di Yogyakarta, Anda bisa sewa mobil di Jogja melalui aplikasi Traveloka agar dapat mengunjungi destinasi menarik yang ada di Yogyakarta.

Berikut ini enam tempat wisata menarik di Yogyakarta yang tetap buka saat Lebaran.

1. Kawasan Malioboro
Tempat wisata pertama di Yogyakarta yang dapat kamu singgahi saat hari lebaran adalah kawasan Malioboro. Kawasan Malioboro tentu sudah tidak asing di telinga Anda karena Malioboro termasuk salah satu kawasan legendaris di kota ini.

Di kawasan Malioboro, Anda bisa puas berbelanja dengan membeli berbagai jenis souvenir atau barang-barang khas Yogyakarta, seperti batik dan kerajinan tangan. Selain membeli produk khas Yogyakarta, Anda juga bisa menemukan banyak penjaja makanan kaki lima khas Yogyakarta, seperti angkringan nasi kucing, wedang ronde, gudeg, dan masih banyak lagi. Tidak hanya belanja, di Malioboro Anda juga bisa berfoto di tempat-tempat yang hits dan juga menarik.

2. Alun-Alun Kidul
Berpindah dari Malioboro, dengan jarak sekitar 2,5 kilometer Anda bisa mengunjungi tempat wisata ikonik lainnya yaitu Alun Alun Kidul. Alun Alun Kidul merupakan alun alun atau lapangan terbuka yang berada di jantung kota Yogyakarta. Alun-Alun Kidul ini berada dekat dengan Keraton Yogyakarta.

Salah satu tempat yang legendaris di Alun-Alun Kidul ini adalah dua pohon beringin kembar yang berada di tengah alun-alun. Salah satu mitos yang populer di alun-alun tersebut adalah melewati kedua pohon tersebut dengan mata yang tertutup. Konon, jika Anda berhasil melewati pohon beringin kembar tersebut dengan mata tertutup, maka hajat Anda akan terkabul.

Selain dapat berfoto dan bersantai, Alun-Alun Kidul juga dikenal sebagai tempat yang dikelilingi oleh pedagang makanan khas Yogyakarta yang lezat dan terjangkau. Sehingga, tempat ini cocok jika Anda mencari tempat untuk bersantai sambil menyantap makanan yang terjangkau.

3. Kampung Wisata Taman Sari
Dekat dengan dengan Alun-Alun Kidul, Anda bisa mengunjungi tempat wisata yang bersejarah lainnya yaitu Kampung Wisata Taman Sari. Tempat legendaris ini merupakan situs bekas taman atau kebun istana Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Dikatakan legendaris karena tempat ini sudah dibangun sejak zaman pemerintahan Sultan Hamengkubuwono I.

Tempat sangat ini cocok untuk Anda yang ingin mempelajari sejarah mengenai kerajaan di Yogyakarta atau ingin mencari spot foto legendaris. Salah satunya adalah di dekat kolam-kolam pemandian yang masih terawat dan terlihat cantik. Di sekitar tempat ini, Anda juga bisa membeli buah tangan khas Yogyakarta dengan pilihan yang terjangkau serta harga yang terjangkau.

4. Hutan Pinus Mangunan
Bergeser sedikit dari Yogyakarta, Anda bisa mengunjungi Hutan Pinus Mangunan yang berada di Bantul. Tempat ini cocok untuk Anda yang ingin berlibur atau bahkan berfoto dengan latar belakang pohon pinus yang tinggi dan rindang. Hutan Pinus Mangunan ini berada di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul.

Tempat ini tidak hanya menawarkan suasana yang sejuk, asri, hingga kualitas udara yang sehat, namun juga banyak dijadikan tempat berfoto, mulai dari berfoto bersama teman-teman hingga menjadi latar foto pra-wedding. Ada banyak spot-spot seperti rumah kayu yang bisa Anda masuki dan berfoto di dalamnya.

5. South Sore
Jika Anda ingin bersantai dengan menikmati kopi di kafe yang nyaman dan indah, Anda bisa mengunjungi South Sore. South Sore merupakan kafe yang berada di Gunung Kidul, Yogyakarta. South Sore mengadopsi desain bangunan yang mirip dengan bangunan yang ada di Santorini, Yunani.

Di South Sore, Anda bisa menikmati berbagai hidangan mulai dari minuman hingga aneka ragam makanan sambil menikmati pemandangan indah Pantai Selatan. Ada juga kolam renang yang bisa Anda gunakan saat berkunjung ke kafe ini.

6. Tebing Breksi
Tempang wisata di Yogyakarta yang terakhir adalah Tebing Breksi. Tebing Breksi merupakan tempat wisata yang berada di sebelah selatan Candi Prambanan. Tebing Breksi berlokasi di Kab. Sleman, Yogyakarta. Untuk menuju tempat ini pun cukup mudah, karena Tebing Breksi berada di jalur utama Prambanan-Piyungan.

Sesuai namanya, Tebing Breksi merupakan tempat wisata yang dahulunya adalah tempat penambangan batuan yang berasal dari aktivitas vulkanis Gunung Api Purba Nglanggeran pada 2014. Lalu, aktivitas ini pun ditutup oleh pemerintah dan dialihkan menjadi tempat lokasi. Terdapat ukiran dengan bentuk yang menarik, salah satunya ukiran mengenai Arjuna yang menghabisi nyawa Buto Cakil.

Nah, itu dia enam rekomendasi tempat wisata di Yogyakarta yang bisa Anda kunjungi selama libur lebaran berlangsung. Agar dapat berlibur di Yogyakarta dengan mengunjungi banyak tempat wisata dengan mudah, Anda bisa sewa mobil di Jogja menggunakan fitur rental mobil Traveloka yang nyaman dan juga terawat, sehingga liburan Anda akan tetap nyaman dan aman.

#Ulasan tentang Wisata Yogyakarta