Selasa, 07 Maret 2023 02:13

Libatkan Guru, Siswa dan Orangtua, Telkomsel Kolaborasi dengan Disdik Makassar Gelar Internet Baik Series VII

Lisa Emilda
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Libatkan Guru, Siswa dan Orangtua, Telkomsel Kolaborasi dengan Disdik Makassar Gelar Internet Baik Series VII

Program Internet Baik series-7 di hadirkan untuk mendukung peningkatan Literasi Digital

RAKYATKU.COM, MAKASSAR-- Telkomsel menggelar seminar internet Baik Series 7 di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Makassar, Selasa (7/3).

Kegiatan ini bertujuan mendorong pemanfaatan internet dan media sosial secara bertanggung jawab, Aman, Inspiratif, Kreatif (Baik), serta program peningkatan literasi digital.

Acara dibagi dalam dua sesi. Sesi pagi diikuti sekitar 400an siswa dari berbagai sekolah seperti Mtsn 1, MAN 1, SMA 2, SMA 3, SMA 5, SMA 9, SMA 12, SMA 17, dan SMP Telkom. Sementara sesi sore diikuti oleh guru dan orang tua siswa.

Baca Juga : Peduli Korban Bencana Tanah Longsor Tana Toraja, Telkomsel Salurkan Bantuan CSR Logistik serta Layanan Telepon dan Wifi Gratis

Hadir dalam kesempatan tersebut General Manager DLS and Direct Sales Telkomsel Area Pamasuka Muhammad Asrullah.Telkomsel berkomitmen untuk mengembangkan sebuah ekosistem digital nasional yang inklusif dan berkelanjutan. Manusia berliterasi digital, sebagai organisme integral dalam ekosistem, adalah kunci untuk mencapai tujuan tersebut,” ujarnya.

Berdasarkan laporan hasil pengukuran indeks literasi digital Indonesia tahun 2022 oleh Kemenkominfo bersama Katadata Insight Center (KIC), tingkat literasi digital Indonesia berada di 3,54 poin dari skala 1-5, yang berarti 'sedang' .

“Angka ini adalah suatu indikasi bahwa ada potensi peningkatan. Program Internet Baik series 7 secara khusus Telkomsel hadirkan untuk mendukung tercapainya peningkatan tersebut, mulai dari mikrosistem pelajar, teman sebaya, guru, dan orang tua." ujar Asrullah.

Baca Juga : Telkomsel Siaga Rafi 2024 Berangkatkan 200 Pemudik

Sekretaris Dinas Pendidikan kota Makassar, Aminuddin Tarawe, dalam sambutannya dan sekaligus membuka acara ini menyampaikan, besarnya peluang anak muda untuk berkarir di dunia digital. Seperti menjadi youtuber, content creator dan lainnya, sehingga kegiatan ini sangat penting.

Sementara Kepala Sekolah MAN 2 Kota Makassar Darmawati, menyampaikan terima kasih ke Telkomsel karena memilih MAN 2 sebagai lokasi kegiatan Internet Baik Series 7.

"Literasi Digital sangat perlu disosialisasikan ke anak didik, melihat perkembangannya sangat cepat kami sebagai tenaga pendidik pun harus cakap dan memahami program dan aplikasi yang layak digunakan dalam belajar mengajar serta dalam kehidupan sehari-hari mereka, karena jangan sampai aplikasi bahkan konten yang mereka gunakan atau monton tidak mendidik dan tidak sesuai dengan usia, padahal dengan Internet Baik ini anak didik bisa menggalih informasi yang bermanfaat ,"jelasnya.

Baca Juga : Antisipasi Lonjakan trafik pada momen RAFI 2024 yang diproyeksi naik 8,10 Persen Telkomsel Pamasuka Optimalkan Kesiapan Jaringan pada 72 Titik Keramaian.

GM Consumer Sales Regional Sulawesi Andri Kurniawan memaparkan kegiatan ini mengusing tema'Inspire, Be Creative, Be Positive', Program Internet Baik Series 7 menggelar kegiatan edukasi di empat lokasi, yaitu Karawang (14/2), Bandar Lampung (28/2), Makassar (7/3), dan Yogyakarta (20/5).

Lebih lanjut, Ia menjelaskan, Internet Baik series 7 merupakan program CSR tahunan Telkomsel yang telah berlangsung sejak 2016. Sepanjang pelaksanaannya, program ini telah menjangkau hingga 27 kota/kabupaten, 84 sekolah, lebih dari 5.800 orang tua dan guru, lebih dari 6.700 pelajar, dan mencetak lebih dari 1.600 duta Internet Baik.

Untuk seminar Internet Baik menghadirkan tiga pembicara, pertama Digital Creator Zilqiah Angrainis (Lifestyle, Homedecore, Family) yang membawakan materi tentang tips parenting di era digital, mengajak anak kenal dunia kreatif, serta naikkan kreativitas anak dengan hal positif, Kedua ada Muh Yusuf Darmawan, Digital Creator Culinary Vlogger, yang menyampaikan materi tentang bagaimana melihat hal sekitar dan membuatpeluang, produktif dalam membuat content creative, dan mengisi kegiatan dengan hal positif, Terakhir, Adi Nugroho Setya Atmojo, pakar Adobe Creative Educator Indonesia yang membawakan materi tentang public speaking for student, menyikapi virus merah jambu pada remaja, menjadi generas iunggul, kreatif, mandiri, dan bertanggungjawab di era digital.

Baca Juga : Donasi Super Seru", Telkomsel Sisihkan Rp1.000 dari Setiap Pembelian Paket Super Seru Selama Periode 21 Maret - 31 Mei 2024 untuk Perbaiki kondisi ruang kelas di 20 Sekolah Dasar (SD) di Seluruh Penjuru Indonesia.

Terakhir, peserta seminar akan mengikuti Online Training Internet Baik. Adapun berbagai Kelas Online Training Internet Baik telah disesuaikan dengan kebutuhan tiap segmen peserta, seperti Kelas Creative Educator untuk segmen peserta guru, pengajar, dan tenaga pendidik; Kelas Creative Parent untuk segmen orang tua, wali, dan komunitas; serta Kelas Creative Student untuk segmen siswa setingkat SMP dan SMA. Para peserta nantinya juga berkesempatan untuk memperebutkan beragam hadiah total senilai Rp22.500.000 melalui Online Competition Internet Baik.

#Literasi Digital #Telkomsel #MAN 2 Kota Makassar #Disdik Kota Makassar