Jumat, 10 Maret 2023 20:08

Hadiri Penutupan STQH, Wawali Parepare Harap Lahirkan Karakter Islami

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Penutupan Seleksi Tilawatil Qur'an dan Hadist (STQH) tingkat Kota Parepare 2023 di Auditorium B.J. Habibie, rumah jabatan Wali Kota Parepare, Jumat (10/3/2023).
Penutupan Seleksi Tilawatil Qur'an dan Hadist (STQH) tingkat Kota Parepare 2023 di Auditorium B.J. Habibie, rumah jabatan Wali Kota Parepare, Jumat (10/3/2023).

Pemkot Parepare menggelar penutupan Seleksi Tilawatil Qur'an dan Hadist (STQH) tingkat Kota Parepare 2023 di Auditorium B.J. Habibie dengan sukses. Para pemenang akan mewakili Parepare di tingkat provinsi yang akan dilaksanakan pada Mei nanti di Kabupaten Kepulauan Selayar.

RAKYATKU.COM, PAREPARE - Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare menggelar penutupan Seleksi Tilawatil Qur'an dan Hadist (STQH) tingkat Kota Parepare 2023 di Auditorium B.J. Habibie, rumah jabatan Wali Kota Parepare, Jumat (10/3/2023).

Wakil Wali Kota (Wawali) Parepare, Pangerang Rahim, yang secara resmi menutup kegiatan ini mengatakan pemerintah daerah merasa sangat bangga dengan selesai dan suksesnya pelaksanaan kegiatan ini sesuai dengan target yang diharapkan.

 

Pangerang berharap hasil yang dicapai pada kegiatan ini dapat dipertahankan sebagai sebuah momentum dalam proses mencerdaskan umat terkait dengan membumikan nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Qur'an.

Baca Juga : Akbar Ali Didaulat Kemdikbudristek Berbagi Praktik Baik Pelestarian Bahasa Daerah Menginspirasi Kepala Daerah di Indonesia

"Mari sama-sama berharap di momen ini perhelatan Seleksi Tilawatil Qur'an dan Hadits tidak hanya sekadar indah didengarkan telinga kita. Namun, akan lebih memperindah akhlak kita semua bahwa nilai-nilai Al-Qur'an itu sendiri telah menjadi dasar dalam setiap aktivitas kita sehari-hari dalam konteks hablumminallah maupun hablumminannas," katanya.

Pangerang menekankan pesan kepada para pemenang STQH untuk tidak berpuas diri atas prestasi yang telah diraih melainkan terus meningkatkan kualitas diri. Terpenting, kata dia, adalah agar ilmu yang telah dimiliki dapat diajarkan kepada muslim lainnya.

"Pemkot Parepare berkomitmen membangun kehidupan keagamaan yang lebih baik, termasuk di dalamnya memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi berdirinya pondok-pondok tahfiz yang akhir-akhir ini sangat membantu para orang tua dalam ikut bertanggung jawab memberikan pendidikan Al-Qur’an sejak dini bagi putra-putrinya," ungkapnya.

Baca Juga : Pj Wali Kota Parepare Buka Turnamen Sepak Bola Usia Dini Dandim Cup

Pangerang menyebutkan, STQH menjadi salah satu wadah untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat Parepare yang telah menempuh pendidikan di lembaga-lembaga tahfiz dan pendidikan Islam lainnya untuk dapat unjuk kemampuan. Para pemenang akan mewakili Parepare di tingkat provinsi yang akan dilaksanakan pada Mei nanti di Kabupaten Kepulauan Selayar.

"Dengan pelaksanaan kegiatan ini, kami berharap dapat melahirkan umat dengan karakter islami yang lebih kuat. Sehingga, setiap jengkal raga kita akan menjadi saksi kelak di kemudian hari akan setiap aktivitas ibadah yang kita lakukan," tegasnya.

Para pemenang kategori lomba masing-masing memperoleh hadiah berupa uang tunai. Juara I mendapat Rp10 juta, juara II Rp6 juta, juara III Rp4 juta, dan juara harapan Rp1,5 juta. Juara umum diraih Kecamatan Ujung.

Baca Juga : Gandeng Pemkot, Imigrasi Parepare Sosialisasikan Paspor Elektronik

Turut hadir pada kesempatan ini Asisten III Bidang Administrasi dan Ekonomi Pembangunan Setdako Parepare, Eko W. Aryadi, Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Parepare, M. Iskandar Nusu, beserta sejumlah pejabat lingkup Pemkot Parepare, Kabag Kesra Setdako Parepare, Muh. Islah, serta pejabat Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Parepare.

Penulis : Hasrul Nawir
#Pemkot Parepare #Pangerang Rahim