Kamis, 09 Maret 2023 15:05

RSUD Andi Makkasau Parepare Ikuti Visitasi Izin Penyelenggaraan Dialisis Kemenkes

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
visitasi izin penyelenggaraan dialisis secara daring oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Kamis (9/3/2023), di Aula RSUD Andi Makkasau.
visitasi izin penyelenggaraan dialisis secara daring oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Kamis (9/3/2023), di Aula RSUD Andi Makkasau.

Manajemen RSUD Andi Makkasau mengikuti visitasi izin penyelenggaraan dialisis daring Kemenkes. Wakil Direktur Bidang Pelayanan memaparkan profil dan sejarah pembentukan Unit Hemodialisis RSUD Andi Makkasau serta kondisi SDM dan fasilitas yang menunjang mutu pelayanan secara paripurna.

 

RAKYATKU.COM, PAREPARE - Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau di Kota Parepare, Sulawesi Selatan (Sulsel), mengikuti visitasi izin penyelenggaraan dialisis secara daring oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Kamis (9/3/2023), di Aula RSUD Andi Makkasau.

Kegiatan ini dihadiri Wakil Direktur Bidang Pelayanan, Ibrahim Kasim, mewakili Direktur RSUD Andi Makkasau Parepare, Renny Anggraeny Sari, Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi, Mukarramah Hasan, serta beberapa staf dan pegawai.

Baca Juga : Hadiri Musrenbang, Kaharuddin Kadir Serahkan Pokir DPRD Parepare

Pada kesempatan tersebut, Ibrahim memaparkan profil dan sejarah pembentukan Unit Hemodialisis (HD) RSUD Andi Makkasau. Ia menjelaskan bahwa Unit HD berdiri berdasarkan peninjauan Tim Perhimpunan Nefrologi Indonesia (Pernefri) dan mendapat Surat Izin Operasional dari Sub-Divisi Ginjal-Hipertensi Bagian Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin (Unhas) RS Wahidin Sudirohusodo Nomor: 210/GH/IV/2011 tentang Operasionalisasi Unit HD RSUD Andi Makkasau.

Selanjutnya, fasilitas dan bimbingan teknis dari RS Wahidin Sudirohusodo ditingkatkan melalui perjanjian antara kedua instansi. Pelayanan dialisis pun dibuka untuk peserta Askes sosial dan umum pada tahun 2013 melalui kerja sama dengan PT B-Braun dalam penyediaan mesin HD bagi pasien peserta Askes.

Pada 2 Desember 2017, Unit HD di RSUD Andi Makkasau ditetapkan sebagai layanan unggulan. "Untuk memaksimalkan pelayanan Unit HD, layanan Lancar HD pun ditetapkan, yakni Layanan Antar Jemput Pasien Cuci Darah untuk area Parepare," kata Ibrahim.

Baca Juga : Buka Musrenbang RKPD Tingkat Kota, Akbar Ali Tekankan Keterlibatan Masyarakat

Ibrahim juga menyampaikan kondisi sumber daya manusia (SDM) dokter Unit HD, fasilitas, dan lainnya yang menunjang mutu pelayanan Unit HD secara paripurna.

Penulis : Hasrul Nawir
#RSUD Andi Makkasau #Pemkot Parepare #Kementerian Kesehatan #Renny Anggraeny Sari