Senin, 06 Maret 2023 18:54

Jalan Mulus Akbar Andi Leluasa Terpilih Wakil Bupati Luwu Timur

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
M Akbar Andi Leluasa bersama istri, Arbiyanti Febthavia Azhar.
M Akbar Andi Leluasa bersama istri, Arbiyanti Febthavia Azhar.

Akbar Andi Leluasa sukses "membelokkan" pendukung Taqwa Muller di putaran kedua Pemilihan Wakil Bupati Luwu Timur.

MAKASSAR -- M Akbar Andi Leluasa akhirnya memenangi pemilihan wakil bupati Luwu Timur yang berlangsung di gedung DPRD Luwu Timur, pada Senin (6/3/2023). Pengurus DPP Partai Golkar ini mengalahkan rekan se-partainya, Taqwa Muller pada putaran kedua.

Pada putaran pertama, perolehan suara dua kader Partai Golkar itu berakhir imbang. Masing-masing mengantongi 15 suara dari 30 suara yang diperebutkan.

Proses "lobi-lobi" pun tercipta jelang putaran kedua (pemilihan ulang). Hasilnya, M Akbar Andi Leluasa menang telak atas Muller. Akbar mengantongi 23 suara sedangkan Muller cuma meraih 7 suara.

Baca Juga : Menanam Pisang Bersama Pj Gubernur Sulsel, Petani Milenial di Lutim Ikut Galakkan Budidaya Cavendish

Akbar adalah putra dari politikus senior Partai Golkar, almarhum Fachri Andi Leluasa. Ayahanda lahir di Palopo dan meninggal dunia di Jakarta. Semasa hidup, Fachri Andi Leluasa pernah menjabat anggota DPR RI Fraksi Golkar selama 3 periode (1997-1999, 2000-2004 dan 2004-2008). Fachri Andi Leluasa dikenal sebagai pejuang pemekaran Tana Luwu.

Sosok organisatoris almarhum ayahanda, mengalir dalam darah M Akbar Andi Leluasa. Pria kelahiran Jakarta, 30 Agustus 1998 itu mengikuti jejak ayahanda untuk aktif berorganisasi di Partai Golkar.

Awalnya, M Akbar Andi Leluasa berorganisasi di DPP AMPI. Ia terpilih menjadi Sekjen DPP AMPI pada era kepemimpinan Dito Ariotedjo yang kini menjabat sebagai Tim Ahli Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto.

Baca Juga : Pemilihan Wakil Bupati Luwu Timur: Akbar Andi Leluasa Akhirnya Kalahkan Taqwa Muller

Di jabatan inilah Akbar Andi Leluasa membangun jaringan. Utamanya dalam bersentuhan dengan elite DPP Partai Golkar.

Jelang Pileg 2019, Akbar Andi Leluasa masuk Partai Golkar. Ia bertarung berebut kursi DPRD Sulsel dari daerah pemilihan (dapil) Luwu Raya. Ia bersaing dengan para "senior" seperti Armin Mustamin Toputiri dan Taqwa Muller.

Sebagai "wajah baru" dengan nomor urut 10 kala itu, Akbar Andi Leluasa kesusahan mendulang suara. Kursi Golkar diraih Taqwa Muller dengan raihan 19.658 suara.

Baca Juga : KPU RI Putuskan Jumlah Kursi Anggota DPRD Kabupaten dan Kota di Sulsel, Ini Daftarnya

Sementara Akbar hanya meraih 835 suara. Perolehan suara terbanyak diraih di Kabupaten Luwu Utara yakni 349 suara. Kemudian di Kabupaten Luwu 337 suara, Kota Palopo 91 suara dan Kabupaten Luwu Timur cuma 58 suara.

Meski tak terpilih, karier Akbar di Partai Golkar justru moncer. Pada Mei 2020, suami dari Arbiyanti Febthavia Azhar ini dipercayakan oleh Ketua Umum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto sebagai Direktur Eksekutif Badan Saksi Nasional.

Tak cuma itu. Pada pertengahan 2022, Akbar Andi Leluasa juga mendapat "tiket" dari DPP Partai Golkar sebagai calon wakil bupati Luwu Timur. Pengisian kursi wakil bupati Luwu Timur ini menyusul Budiman sudah dilantik sebagai bupati Luwu Timur menggantikan almarhum Thoriq Husler.

Baca Juga : Gubernur Sulsel Sebut Rehabilitasi Daerah Irigasi Angkona Potensi Aliri 266 Hektar Pertanian

Meski mendapat "tiket", Akbar harus bersaing dengan saudara almarhum Thoriq Husler, Taqwa Muller yang juga mendapat "tiket" dari DPP Partai Golkar dalam perebutan suara di DPRD Luwu Timur.

Akbar juga harus bersaing dengan dua kader parpol lain yang masuk dalam bursa bakal calon. Yakni
Rully Heryawan (Hanura) dan Usman Sadik (PAN) yang mendaftar sebagai bakal calon wakil bupati Luwu Timur.

Pada 2 Desember 2022, delapan parpol pengusung tersebut duduk bersama dalam menentukan dua nama dari empat nama bakal calon wakil bupati Luwu Timur.

Baca Juga : Gempa Bumi Magnitudo 4,8 Guncang Luwu Timur, Tak Berpotensi Tsunami

Proses musyawarah dalam menetapkan dua nama itu, berlangsung alot. Tercatat, sebanyak tiga kali proses musyawarah gagal menemui kesepakatan. Proses voting pun tak terhindarkan.

Di proses voting inilah, Akbar Andi Leluasa membuktikan dirinya matang dalam mendulang dukungan. Ia lolos bersama Taqwa sebagai calon wakil bupati Luwu Timur.

Kepiawaian Akbar itu kembali terbukti pada Senin (6/3/2023) siang. Saat perolehan suara berakhir imbang, Akbar memanfaatkan waktu selama sejam lebih untuk menggalang dukungan di pemilihan ulang (putaran kedua).

Baca Juga : Gempa Bumi Magnitudo 4,8 Guncang Luwu Timur, Tak Berpotensi Tsunami

Hasilnya, Akbar menang telak dengan raihan 23 suara dari 30 suara yang diperebutkan. Akbar sukses "membelokkan" pendukung Taqwa Muller.

"Dengan ini menyatakan nomor urut 1 (Akbar) meraih 23 suara dan nomor urut 2 (Taqwa) 7 suara. Demikian kami laporkan kepada bapak/ibu hasil rekapitulasi suara pada hari ini," kata Wakil Ketua Panitia Pemilihan, HM Siddiq BM saat membacakan hasil rekapitulasi suara.

#Akbar Andi Leluasa #Taqwa Muller #luwu timur