Rabu, 01 Maret 2023 14:00

Hari Peduli Sampah, Vale Komitmen Nol Limbah ke Tempat Pembuangan 2025

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
(Foto: PT Vale Indonesia)
(Foto: PT Vale Indonesia)

Vale telah melaksanakan berbagai program, seperti kampanye cinta lingkungan, dukungan untuk program Pengembangan Kawasan Perdesaan Mandiri, penanaman bibit pohon, program Tukar-ki' Plastik-ta', dan kampanye 3R sampah.

RAKYATKU.COM, LUWU TIMUR - Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2023 menjadi momentum bagi PT Vale Indonesia menyatakan komitmen untuk nol limbah ke tempat pembuangan atau zero waste to landfill pada 2025, lebih cepat lima tahun dari target pemerintah.

Hal itu disampaikan Director Environment & Permit Management Vale, Muh. Adli Lubis, pada puncak peringatan HPSN 2023 di Sorowako, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan, yang berlangsung di Nursery PT Vale, Sabtu (25/2/2023).

Menurut Adli, komitmen tersebut menjadi bukti nyata bagi Vale untuk senantiasa peduli terhadap lingkungan sekitar. Ini juga sejalan nilai-nilai perusahaan menghargai bumi dan masyarakat.

"Perseroan berkomitmen untuk nol limbah ke tempat pembuangan. Untuk mewujudkan hal tersebut sejumlah program dilaksanakan dengan melibatkan stakeholder terkait," ujarnya.

Sejumlah kegiatan dilaksanakan untuk mengugah keterlibatan masyarakat, seperti kampanye cinta lingkungan dan dukungan untuk program Pengembangan Kawasan Perdesaan Mandiri (PKPM), melalui penanaman 100 bibit pohon di Pantai Lamapu, Ahad (26/2/2023).

Dalam penanaman bibit pohon tembeua, dengen, dan salam, PT Vale berkolaborasi bersama pemerintah desa, KSDA Resort Matano, Karang Taruna Towuti, UINAM, PKM, dan forum pemuda di desa setempat.

Vale juga mengajak keterlibatan karyawan dan kontraktor dalam program Tukar-ki’ Plastik-ta’ yang mendapat antusiasme sangat tinggi. Warga mengantre menukar sampah plastik selama hari program ini digelar, yakni Senin hingga Selasa (27-28/02/2023). Berikutnya, PT Vale melanjutkan kampanye 3R (reduce, reuse, dan recycle) sampah melalui kompetisi video yang akan berlangsung hingga 25 Maret 2023 mendatang.

Sebelumnya, Vale dalam menyemarakkan HPSN 2023 telah melakukan berbagai kampanye dan program di tiga provinsi, yakni Sulawesi Selatan, Tengah, dan Tenggara.

Baca Juga : PT Vale IGP Morowali Gelar Halalbihalal, Perkuat Silaturahmi Pemangku Kebijakan Lokal

Rangkaian HPSN 2023 berlangsung mulai 21 Februari 2023. Di Sorowako, HPSN digelar selama sepekan penuh dengan menggaet para pemangku kepentingan.

Pada Senin dan Selasa (21-22/2/2023), Vale menggelar kampanye daur ulang sampah, yakni pelatihan pembuatan kompos untuk ibu-ibu Ikatan Keluarga Vale Indonesia (IKVI) dan pelatihan kreasi daur ulang sampah untuk siswa sekolah.

Kemudian, Kamis (24/2/2023), Vale menandatangani kesepakatan tentang setop kantong plastik. Kesepakatan ini diteken bersama Bupati Luwu Timur, Budiman, serta perwakilan Koperasi Vale, Indomaret, dan Alfamidi Cabang Sorowako. Penandatanganan berlangsung di Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Morina, Kecamatan Nuha, Luwu Timur.

Baca Juga : Wabup Apresiasi Kontribusi PT Vale Besar Kembangkan SDM Luwu Timur

Para pihak juga menandatangani kesepakatan dengan BPJS Ketenagakerjaan (TK), pekerja rentan pemerintah desa, dan Serikat Pekerja Bersatu Vale Indonesia (SPBVI). Kesepakatan disusul dengan penyerahan kartu BPJS TK kepada para pejuang sampah. Acara dirangkaikan penyerahan tabungan pendidikan, kerja sama Ikatan Kontraktor Nasional Vale dengan Kecamatan Nuha dan Bank Mandiri.

"Kesepakatan ini merupakan upaya menjaga lingkungan di Luwu Timur. Kalau masif kita lakukan, mudah-mudahan akan menjadi kebaikan bagi lingkungan," kata Budiman.

Sementara, Chief Operating Officer (COO) Vale, Abu Ashar, menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi atas terwujudnya kegiatan peringatan HPSN kali ini.

#PT Vale Indonesia #Hari Peduli Sampah Nasional