Selasa, 28 Februari 2023 12:54

Mulai 1 Maret, Aplikasi PeduliLindungi Berubah Jadi Satu Sehat Mobile

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi. (Foto: Kemenpan-RB)
Ilustrasi. (Foto: Kemenpan-RB)

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI akan mengubah aplikasi PeduliLindungi menjadi Satu Sehat Mobile yang merupakan sistem layanan kesehatan terpadu, tanpa perlu menginstal aplikasi tambahan.

 

RAKYATKU.COM, JAKARTA - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI akan mengubah aplikasi PeduliLindungi menjadi Satu Sehat Mobile per 1 Maret 2023.

Deputi Chief Digital Transformation Office (DTO) Kemenkes, Agus Rachmanto, mengatakan PeduliLindungi bertransformasi secara otomatis menjadi sistem layanan kesehatan terpadu yang disebut Satu Sehat Mobile.

Baca Juga : Dalam Rangka Penguatan Industri Asuransi Kesehatan di Indonesia, OJK Siap Bersinergi dengan Kementerian Kesehatan

Masyarakat, kata dia, tidak perlu menginstal aplikasi tambahan di telepon selulernya. "Satu Sehat Mobile sendiri itu dari PeduliLindungi. Akan otomatis berubah karena kita tidak ingin menyulitkan masyarakat, jadi kita hanya akan memberitahukan bahwa ada perubahan," kata Agus dikutip Antara, Selasa (28/2/2023).

Masyarakat tinggal tunggu 1 Maret 2023, aplikasi di handphone ini akan berubah sendiri. Agus menjamin data di dalam Satu Sehat Mobile akan aman.

Kemenkes, kata dia, menggandeng sejumlah pihak terkait, seperti Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dalam sertifikasi aplikasi, menentukan bentuk sistem keamanan, tata kelola teknologi, sampai register manajemen, dan sumber daya manusianya.

#Kementerian Kesehatan #PeduliLindungi