Selasa, 28 Februari 2023 08:44

IAKN Toraja Didorong Jadi Universitas Kristen Negeri Pertama di Indonesia

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
IAKN Toraja Didorong Jadi Universitas Kristen Negeri Pertama di Indonesia

Saat ini IAKN Toraja sedang diperjuangkan menjadi universitas negeri.

TORAJA -- Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, Eva Stevany Rataba mendukung penuh Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja menjadi Universitas Kristen Negeri. Sejauh ini, di Indonesia belum ada Universitas Kristen berstatus negeri.

Dukungan itu juga dimaksudkan untuk menambah kapasitas serta mengejar Angka Partisipasi Kasar (APK) Perguruan Tinggi minimal 30% di daerah.

Eva mengatakan, secara de facto IAKN sebenarnya sudah harus masuk ke Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud-Ristek) sehingga perlu adanya prodi yang merupakan prodi umum. Ia akan mempelajari hal itu lebih dalam, termasuk membahasnya dalam rapat kerja gabungan Komisi X DPR RI dengan pihak-pihak terkait.

“Kalau saya, tidak ragu IAKN menjadi Universitas Kristen Negeri,” ujar Eva saat melakukan kunjungan ke IAKN Toraja di Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan, Senin (27/2).

Rektor IAKN Toraja, Joni Tapingku mengatakan, saat ini IAKN Toraja sedang diperjuangkan menjadi universitas negeri.

“Perjuangan kami untuk menjadi institut sudah tercapai. Sekarang kita akan perjuangkan institut menjadi universitas, karena di Indonesaia belum ada Universitas Kristen yang negeri,” tutur Joni Tapingku.

Menurut Joni, perjuangan tersebut mendapat dukungan dari semua pihak, termasuk Eva Stevany Rataba. Diharapkan usaha tersebut akan segera terwujud.

#IAKN Toraja #Universitas Kristen Negeri