Senin, 27 Februari 2023 08:15

Rintis Ruas Takkalasi - Bainange - Lawo, Gubernur Sulsel: Telah Dialokasikan Rp200 Miliar

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, pada pada Rapat Paripurna Hari Jadi Ke-63 Barru di Gedung MPP Masiga Center, Ahad (26/2/2023).
Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, pada pada Rapat Paripurna Hari Jadi Ke-63 Barru di Gedung MPP Masiga Center, Ahad (26/2/2023).

Pemprov Sulsel total mengalokasikan Rp200 miliar untuk membiayai pembangunan jalan Takkalasi - Bainange - Lawo di Barru. Jalan itu dianggap sebagai salah satu proyek terbesar pemerintah provinsi. Ditarget selesai pada 2023 ini, termasuk pembangunan jembatan.

RAKYATKU.COM, BARRU - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Pemprov Sulsel) terus berkomitmen melakukan pembangunan di Kabupaten Barru. Salah satunya menghadirkan infrastruktur untuk mendukung perputaran barang dan jasa yang pada ujungnya meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

"Barru ini menjadi wilayah strategis. Apalagi di sini wilayah perlintasan kereta (Makassar - Parepare)," Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, pada Rapat Paripurna Hari Jadi Ke-63 Barru di Gedung MPP Masiga Center, Ahad (26/2/2023).

 

Pada 2022 lalu, Pemprov Sulsel melakukan penanganan ruas Pekkae - Takkala yang menghubungkan Barru - Soppeng. Di Barru terkucur Rp33,4 miliar.

Baca Juga : Enam Rumah Sakit di Sulsel Raih Akreditasi Paripurna dari LAM-KPRS

Pembangunan jalan ruas Takkalasi - Bainange - Lawo memang menjadi salah satu fokus Gubernur Sulsel yang dibangun bertahap.

"Program strategis untuk jalan tembus wisata Takkalasi - Baenange - Lawo," sebut Andi Sudirman.

Untuk tahun ini akan dilanjutkan pada segmen Barru dan Soppeng dengan anggaran Rp73,2 miliar.

Baca Juga : Pemprov Sulsel Raih Juara 1 Zona KHAS Kuliner dari KNEKS

Perlintasan ini akan membuka wilayah terisolasi serta memangkas waktu tempuh. Jika biasanya melakui Bulu Dua menempuh jarak sekitar 70 kilometer, melalui ruas Takkalasi - Bainange - Lawo hanya menempuh 38 kilometerr. Artinya bisa mempersingkat perjalanan sekitar 30 kilometer.

Sponsored by MGID

"Alhamdulillah, Bulu Dua juga sudah dikerjakan. Insyaallah akan kita lanjutkan tahun ini dengan alokasi Rp20 Miliar di Barru dengan fokus pada segmen yang rusak berat," beber Andi Sudirman.

Gubernur sendiri menyebut ruas jalan ini merupakan salah satu paket proyek terbesar Pemprov Sulsel dengan total alokasi mencapai Rp 200 miliar. "Sekarang saya hitung-hitung itu nilainya Rp200 miliar," ucapnya.

Baca Juga : Buka FBTB ke-12, Bupati Barru Ajak Sama-Sama Jaga Warisan Budaya

Selain jalan, juga akan dilakukan pembangunan jembatan pada ruas Takkalasi - Bainange - Lawo.

"Saya harap tahun ini, sudah tuntas untuk dikerjakan termasuk jembatannya, dan bisa diakses," tuturnya.

Bupati Barru, Suardi Saleh, menyampaikan peningkatan jalan ruas Takkalasi – Bainange – Lawo yang dimulai sejak 2021 dilanjutkan pada 2022.

Baca Juga : Pesta Rakyat Adat Lammang, Gubernur Sulsel: Antusias UMKM Geliatkan Ekonomi

"Insyaallah akan diselesaikan pada tahun 2023 ini. Bapak Gubernur juga memerintahkan untuk Dinas PUTR untuk diselesaikan di 2023 ini," sebutnya.

#Pemprov Sulsel #Andi Sudirman Sulaiman #suardi saleh #HUT Ke-63 Barru