Jumat, 24 Februari 2023 20:10

Ada yang Mematikan, Ketahui Daftar Penyakit Disebabkan Virus

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Penyakit menular disebabkan virus masih menjadi masalah kesehatan masyarakat yang memerlukan upaya pencegahan, pengendalian, dan pemberantasan efektif dan efisien. Artikel ini membahas daftar penyakit disebabkan virus dan gejalanya serta cara mengatasi dan mencegahnya.

 

RAKYATKU.COM - Ada banyak penyakit yang disebabkan virus dan umumnya menular ke manusia lainnya. Penularan penyakit dapat terjadi baik melalui perantara maupun secara langsung.

Penyakit menular ini masih menjadi masalah kesehatan masyarakat karena dapat menyebabkan sakit, cacat, hingga kematian. Karena itu, perlu dilakukan penanggulangan melalui upaya pencegahan, pengendalian, dan pemberantasan yang efektif dan efisien.

Langkah tersebut tentu saja dapat membatasi penularan, serta penyebaran penyakit yang disebabkan oleh virus agar tidak meluas hingga menjadi wabah. Seperti diketahui, asal mula penyakit virus bervariasi, mulai berasal dari hewan hingga menyebar dari manusia ke manusia.

Untuk mengetahui apa saja daftar penyakit yang disebabkan oleh virus, sebaiknya ketahui dahulu jenis-jenisnya hingga cara mengatasi penyakit satu ini.

Penyakit yang Disebabkan oleh Virus dan Gejalanya
Ada beberapa jenis virus yang dapat menyebabkan berbagai penyakit pada manusia. Berikut ini adalah beberapa penyakit yang disebabkan oleh virus:

Covid-19
Penyakit pernapasan akut yang disebabkan oleh virus corona jenis baru (SARS-CoV-2) ini pertama kali ditemukan di Wuhan, Cina, pada akhir Desember 2019.

Penyakit yang disebabkan virus Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus- 2 (SARS-CoV-2) ini dapat menimbulkan gejala ringan hingga berat, bahkan hingga kematian di beberapa kasus.

HIV/AIDS
HIV (Human Immunodeficiency Virus) merupakan infeksi virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh menurunkan kemampuan imunitas manusia dalam melawan benda–benda asing di dalam tubuh hingga akhirnya menyebabkan Acquired Immunodeficiency Syndrome (AIDS).

Penderita HIV/AIDS awalnya mengalami gejala seperti terpapar flu. Namun, kemudian berkembang menjadi infeksi serius, kanker, dan infeksi oportunistik.

Influenza
Penyakit pernapasan akut yang disebabkan oleh virus influenza ini kerap menyerang manusia dengan menimbulkan beberapa gejala, terdiri dari demam, sakit kepala, batuk, pilek, dan nyeri otot.

Hepatitis
Infeksi hati yang disebabkan oleh virus hepatitis A, B, C, D, dan E ini biasanya membuat para penderitanya mengalami kelelahan, sakit perut, dan kuning pada kulit hingga mata.

Ebola
Penyakit yang disebabkan oleh virus Ebola ini sangat berbahaya dan mematikan. Awalnya, penderita Ebola mengalami sakit mirip dengan flu, tetapi kemudian berkembang menjadi demam berdarah, sakit kepala, mual, muntah, diare, dan pendarahan.

Gejala Penyakit
Beberapa penyakit yang disebabkan oleh virus tersebut memang menimbulkan gejala atau ciri awal penyakit yang berbeda-beda, tergantung jenis virusnya dan bagaimana virus tersebut menyerang tubuh.

Namun, ada beberapa gejala yang umumnya terjadi saat awal infeksi virus, yaitu terdiri atas:

-Demam atau mengalami kenaikan suhu tubuh di atas normal
-Batuk kering atau berdahak
-Hidung tersumbat, bersin, dan keluar lendir dari hidung
-Rasa sakit atau gatal di tenggorokan
-Nyeri kepala yang dapat terjadi secara tiba-tiba atau berangsur-angsur
-Kehilangan energi atau merasa lelah
-Diare
-Muntah

Cara Mengatasi Penyakit yang Disebabkan Virus
Setelah mengetahui apa saja daftar penyakit yang disebabkan oleh virus dan gejala penyakit tersebut, hal lain yang penting dilakukan adalah memahami apa saja langkah pengobatannya.

Meskipun tergantung pada jenis virus dan gejala yang dialami, beberapa pengobatan yang umumnya dapat dilakukan terdiri dari perawatan suportif, obat antivirus, hingga vaksinasi. Selain itu, dapat juga melakukan karantina dan isolasi untuk membantu mencegah penyebaran virus ke orang lain.

Penting juga untuk memperhatikan tindakan pencegahan lainnya, seperti mencuci tangan secara teratur, menghindari kerumunan, menghindari kontak dengan orang yang sakit, dan membatasi kontak dengan hewan liar. Langkah-langkah tersebut dapat dilakukan untuk membantu mencegah penyebaran virus.

Namun, jika gejala atau tanda penyakit virus masih ada, segera konsultasikan ke dokter untuk diagnosis dan pengobatan yang tepat. Selain itu, jangan lupa untuk melindungi diri dan keluarga dengan proteksi kesehatan berupa asuransi kesehatan.

Seperti diketahui, asuransi kesehatan akan melindungi atau memproteksi kesehatan saat biaya pengobatan muncul. Seperti dipaparkan https://sulteng.bpk.go.id/asuransi-kesehatan-solusi-cerdas-bagi-mahalnya-biaya-kesehatan/, setiap biaya pengobatan yang meliputi biaya perawatan di rumah sakit, biaya pembedahan dan biaya obat-obatan dapat ditanggung oleh asuransi kesehatan.

 Jika masih belum memiliki produk perlindungan kesehatan, maka pilihlah asuransi dari brand ternama agar terjamin jika ingin mendapatkan seluruh coverage sesuai polis yang dipilih. Semoga bermanfaat!

#Ulasan tentang Virus #Ulasan tentang Penyakit Mematikan