Kamis, 23 Februari 2023 11:57

Enrekang Raih Adipura 2022, Bupati MB: Makan Permen Kemasannya Saya Kantongi

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Enrekang, Muslimin Bando (MB).
Bupati Enrekang, Muslimin Bando (MB).

Enrekang berhasil meraih penghargaan Adipura 2022 karena peningkatan kinerja dalam aspek kebersihan dan pengelolaan lingkungan. Bupati Muslimin Bando (MB) berharap kinerja dapat makin meningkat dan mengajak masyarakat menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

RAKYATKU.COM, ENREKANG - Kabupaten Enrekang sukses meraih penghargaan Adipura 2022. Bupati Enrekang, Muslimin Bando (MB), beserta jajaran terkait akan menerima sertifikat Adipura pada 28 Februari 2023 nanti di Gedung Manggala Wanabakti, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Jakarta.

"Alhamdulillah, setelah tahun lalu kita semua bekerja keras dalam aspek kebersihan dan pengelolaan lingkungan, Enrekang mendapat sertifikat Adipura," ujar Muslimin, Kamis (23/2023).

Sertifikat Adipura diberikan kepada kabupaten/kota yang mengalami peningkatan nilai Adipura lebih dari tiga poin dari nilai tahun sebelumnya, yang menandakan adanya peningkatan kinerja. Sebelumnya, imbas pandemi Covid-19, menyebabkan penilaian Adipura terhenti dua tahun.

Baca Juga : Tanam Pohon di Lappa Laona, Dirjen Planologi KLHK Apresiasi Upaya PT Vale Rehabilitasi Lahan DAS

"Kinerja kita mengalami peningkatan dari tahun-tahun sebelumnya. Saya berharap tahun ini kita bisa semakin meningkat lagi," ucap bupati yang telah menjabat dua periode ini.

Muslimin mempersembahkan penghargaan ini kepada masyarakat dan para petugas kebersihan. "Saya ingin berterima kasih secara khusus kepada para petugas kebersihan kita juga kepada masyarakat yang peduli pada kebersihan dan lingkungan," kata Muslimin.

Penilaian Adipura meliputi dua indikator utama, yaitu kondisi lingkungan perkotaan (fisik) yang mencakup kebersihan seluruh wilayah dalam kota dan kelestarian lingkungan dalam kota dengan representasi ruang hijau dan lainnya. Lalu, pengelolaan lingkungan perkotaan (nonfisik), meliputi institusi, manajemen, dan daya tanggap.

Baca Juga : Bupati Enrekang dan Wakilnya Apresiasi Antusiasme Masyarakat Saat Pembukaan Mafest 2023

Muslimin pun mengajak masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan dan mengelola sampah dengan bijak.

"Saya sendiri, kalau makan permen atau minum air mineral, kemasannya saya kantongi sampai dapat tempat sampah. Kebiasaan kecil seperti ini membantu kita menjaga lingkungan," ungkapnya.

Penulis : Hasrul Nawir
#Adipura 2022 #KLHK #muslimin bando #pemkab enrekang