Kamis, 16 Februari 2023 14:32

Wali Kota Makassar Terima Gelar Adat Kehormatan Daeng Manaba dari Karaeng Galesong

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto (Danny), saat menghadiri peringatan 356 tahun Kerajaan Galesong dan Tammu Taung ke-262 Gaukang Karaeng Galesong, di Istana Balla Lompoa Galesong, Kabupaten Gowa, Kamis (16/2/2023).
Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto (Danny), saat menghadiri peringatan 356 tahun Kerajaan Galesong dan Tammu Taung ke-262 Gaukang Karaeng Galesong, di Istana Balla Lompoa Galesong, Kabupaten Gowa, Kamis (16/2/2023).

Alasan pemberian gelar karena Danny Pomanto dianggap berhasil membangun Kota Makassar menjadi lebih baik selama periode kepemimpinannya.

RAKYATKU.COM, GOWA - Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto (Danny), menghadiri peringatan 356 tahun Kerajaan Galesong dan Tammu Taung ke-262 Gaukang Karaeng Galesong, di Istana Balla Lompoa Galesong, Kabupaten Gowa, Kamis (16/2/2023).

Danny Pomanto disambut langsung Karaeng Galesong, Mallarangang Abdullah Karaeng Gassing, diikuti dengan tarian yang dibawakan langsung keturunan Raja Galesong.

Pada peringatan ini pula, Danny Pomanto hadir untuk menerima gelar adat kehormatan. Dia diberi gelar Daeng Manaba dari keluarga besar Karaeng Galesong.

Baca Juga : Wali Kota Makassar Jamin Stok Elpiji Aman, Pertamina Bentuk Satgas Rafi

Gelar ini diberikan langsung Karaeng Galesong, Mallarangang Abdullah Karaeng Gassing, secara lisan dan diumumkan di hadapan ratusan tamu.

Dalam sambutannya, Danny Pomanto, mengungkapkan rasa terima kasih atas gelar Daeng Manaba yang diberikan. Menurutnya, ini adalah sebuah amanah yang harus dijunjung tinggi.

“Terima kasih atas gelar adat kehormatan ini. Saya hanya orang biasa, anak lorong, tapi bisa menerima gelar ini,” ujar Danny Pomanto.

Baca Juga : Bersama Pejabat Pemkot Makassar,Zulkifli Nanda Belajar Tata Kelola Utilitas Bawah Tanah

Danny Pomanto menyebutkan kekuatan adat adalah kekuatan inti yang menjadi pembeda dengan yang lain. Sejarah Sulawesi Selatan (Sulsel) mewarnai sejarah dunia dan menjadi global story bagaimana kerajaan di Sulsel menjelajahi dunia.

Dia berharap gelar ini bisa memberi semangat dalam menata dan terus membangun Kota Makassar ke arah yang lebih baik.

Karaeng Galesong, Mallarangang Abdullah Karaeng Gassing, mengatakan alasan pemberian gelar ini karena Danny Pomanto dianggap berhasil membangun Makassar menjadi lebih baik selama periode kepemimpinannya.

Baca Juga : Wali Kota Makassar Janji Alokasikan Rp1 Miliar Dana Hibah untuk Masjid Al-Markaz

Daeng Manaba sendiri artinya orang-orang yang tabah dan penyayang. Dalam kata Manaba juga itu terkandung doa dan harapan.

"Kami lihat Pak Danny ini kepeduliannya sangat tinggi kepada masyarakatnya. Banyak harapan kami kepada Danny. Semoga kariernya bisa terus meningkat ke level yang lebih tinggi," harap Karaeng Galesong.

Diketahui, sebelumnya Danny Pomanto juga telah menerima gelar kehormatan Karaeng Salamaka dari keluarga besar pahlawan nasional Karaeng Polongbangkeng Padjongnga Daeng Ngalle pada 2019 lalu.

#pemkot makassar #Mohammad Ramdhan Pomanto