Senin, 13 Februari 2023 20:44

Asmo Berbagi Tips Ketika Kendaraan Lewati Banjir

Lisa Emilda
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Asmo Berbagi Tips Ketika Kendaraan Lewati Banjir

Periksa oli mesin, periksa filter atau penyaring, periksa atau ganti busi dan untuk motor metic periksa CVT sering memberi pelumas pada rantai

RAKYATKU.COM, MAKASSAR-- Cuaca ekstrem yang melanda Makassar dan sekitarnya seperti saat ini, Management Astra Motor selaku Main Dealer area SulSelBarTraBon menghimbau pengguna jalan untuk cari aman dalam berkendara.

Selain jalanan yang licin, banyaknya genangan air di ruas jalan yang patut di waspadai ketika berkendara.

Beretika dalam berkendara dapat menciptakan kenyamanan dan keamanan bagi pengguna jalan, apalagi ketika melewati genangan air, jangan menggunakan kecepatan tinggi karena ketika tiba-tiba harus menginjak rem bisa daja terjadi slip yanng mengakibatkan pengendara jatuh sehingga menimbulkan potensi bahaya dan kerugian biaya service.

Baca Juga : Astra Motor Sulawesi Selatan Ajak Masyarakat Pahami Fungsi Marka Jalan agar #Cari_Aman Selama Berkendara

Abdul Kadir selaku Safety Riding Instructor Astra Motor SulSelBarTraBon mengatakan “menghindari berkendara dengan kecepatan tinggi ketika melewati genangan air dapat membuat kita terhindar dari kondisi dimana kendaraan kehilangan daya cengkeram yang membuat kendaraan kehilangan kendali (Aquaplaning). Selain itu, dapat menghindari masuknya air kedalam sistem pembakaran kendaraan (Water Hammer). Hal ini juga dapat meningkatkan kewaspadaan kita terhadap lubang yang tak terlihat akibat tertutup genangan air.”

Manager Technical Service Department Astra Motor SulSelBarTraBon, Nindyatama, juga menambahkan beberapa hal yang harus diperiksa pasca motor melewati genangan/banjir.

Pertama, periksalah kondisi oli mesin, pastikan apakah oli motor bercampur dengan air atau tidak. Cara mudah untuk memastikan hal tersebut adalah dengan melihat perubahan warna pada oli. Karena oli yang telah tercampur dengan air cenderung berwarna coklat susu.

Baca Juga : Double THR, Astra Motor Sulawesi Selatan Beri Banyak Keuntungan untuk Pembelian Honda BEAT, Genio, dan Scoopy

Kedua, segera periksa filter/saringan udara. Karena saat melewati genangan, kemungkinan air juga bisa masuk ke area box filter. Air yang terjebak di filter udara akan membuat filter mampet/tersumbat.

Ketiga, periksa kondisi busi dan kepala busi. Jika motor mudah mati/mogok saat melewati genangan air, disarankan untuk memeriksa atau mengganti kepala busi karena jika usia kepala busi sudah lama, karetnya sudah mulai mengeras dan membuat air mudah masuk ke busi.

Keempat, pastikan untuk memeriksa Area CVT (khusus motor MATIC), rajin memberi pelumas pada rantai motor, serta periksa kondisi bearing roda/lahar roda.

Baca Juga : Tips Meninggalkan Motor Saat Mudik agar Tidak Rusak ala Astra Motor Sulawesi Selatan

"Jika saat melewati genangan air dan motor mati, segera bawa kendaraan ke bengkel resmi Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) Honda terdekat pada jam kerja/buka agar kondisi motor tetap prima. Selalu #Cari_Aman dalam berkendara, utamakan keselamatan, bukan kecepatan," tutupnya. (*)

#asmo sulsel