Jumat, 10 Februari 2023 22:05

KAI dan SCI ke Sidrap, Perkenalkan Beroperasinya Kereta Api di Sulsel

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Rombongan PT KAI bersama PT SCI diterima di Kantor Bupati Sidrap, Jumat (10/2/2023).
Rombongan PT KAI bersama PT SCI diterima di Kantor Bupati Sidrap, Jumat (10/2/2023).

Kedatangan mereka merupakan bagian upaya untuk menjelaskan kepada seluruh masyarakat Sulsel tentang pengoperasian perkeretaapian di Sulsel.

RAKYATKU.COM, SIDRAP - Pemerintah Kabupaten Sidenreng Rappang (Pemkab Sidrap) menerima audiensi jajaran PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan PT Sulsel Citra Indonesia (Perseroda), Jumat (10/2/2023).

Audiensi PT KAI bersama PT SCI itu guna memperkenalkan dan menyosialisasikan beroperasinya sarana perkeretaapian di Sulawesi Selatan (Sulsel), dalam hal ini rute Kabupaten Maros - Kota Parepare sejak beberapa waktu lalu.

Rombongan diterima di Kantor Bupati Sidrap. Audiensi dihadiri Asisten Pemernitahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sidrap, Muhammad Iqbal, Asisten Ekonomi Pembangunan, Siara Barang, dan Asisten Administrasi Umum, Nasruddin Waris.

Baca Juga : Sekda Sidrap Basra Bakal Dilantik Jadi Pj Bupati Akhir Pekan Ini

Konsorsium Kereta Api Makassar Parepare (KA Makpar) PT KAI, Fahmi Hikmatullah, mengatakan kedatangan mereka merupakan bagian upaya untuk menjelaskan kepada seluruh masyarakat Sulsel tentang pengoperasian perkeretaapian di Sulsel.

"Kami ingin memperkenalkan kepada masyarakat bahwa kereta api telah hadir di Sulsel. Sementara yang sudah beroperasi adalah angkutan penumpang dengan uji coba terbatas," ujar Fahmi.

Dia menambahkan, saat ini telah beroperasi dua rangkaian kereta penumpang, yaitu KA Andalan Celebes dan KA Lontara. "Kereta api sekarang masih dalam posisi free atau gratis. Ke depan, rencananya bulan enam (Juni) ada kereta baru yang datang," ungkapnya.

Baca Juga : Bapenda Sidrap Bimbing Pelaku Usaha Terapkan QRIS

Fahmi juga mempersilakan warga yang ingin mencoba kereta api tersebut. Ditambahkannya, saat ini kapasitas kereta api, yakni maksimal 90 orang.

Asisten Ekonomi Pembangunan Sidrap, Siara Barang, menyambut baik dan berterima kasih atas kedatangan jajaran PT KAI dan PT SCI guna memperkenalkan sarana perkeretaapian di Sulsel.

"Beroperasinya kereta api ini tentunya menjadi pilihan dan mempermudah akses transportasi bagi masyarakat Sulsel," katanya.

Baca Juga : Soft Launching Aplikasi SiPeNGaja, Inovasi Pengadaan Barang dan Jasa di Kabupaten Sidrap

Dalam audiensi tersebut, turut hadir Kabag Administrasi Kerja Sama, Andi Besse; Kabag Tata Pemerintahan Umum, Fandy Anshary; Kabag Administrasi Perekonomian dan SDA, Arnol Baramuli; Kabid Humas IKP Diskominfo, Anwar D. Nurdin; serta perwakilan perangkat daerah terkait lainnya.

#pemkab sidrap #Kereta Api Sulsel #PT KAI #PT SCI