Kamis, 09 Februari 2023 21:41

Digitalisasi dan Tingginya Harga Tiket Pesawat Jadi Isu yang Dibahas Pada Rakernas PHRI ke III 2023

Lisa Emilda
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Digitalisasi dan Tingginya Harga Tiket Pesawat Jadi Isu yang Dibahas Pada Rakernas PHRI ke III 2023

Harga tiket pesawat yang masih mahal menjadi momok bagi industri pariwisata khususnya perhotelan di berbagai daerah di luar pulau Jawa, Bookingina jadi platfom digital yang akan dikembangkan

RAKYATKU.COM, YOGYAKARTA--BPP PHRI Gelar Rakernas III tahun 2023 di Hotel Sahid Jaya Yogyakarta (09/02). Kegiatan ini dihadiri oleh anggota BPD PHRI Se-Indonesia.

Kondisi secara global ekonomi pariwisata, khususnya hotel dan restoran, paska dihapusnya PPKM, dirasa oleh Ketua Umum BPP Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Haryadi B Sukamdani mengalami peningkatan yang signifikan.

“Dari tahun 2019 hingga 2022 kita terus membaik, dan perekonomian pariwisata juga terus meningkat,” ujar Haryadi

Baca Juga : Depan Airlangga, Taufan Pawe Tegaskan Golkar Sulsel All Out Menangkan Prabowo-Gibran

Dalam kesempatan tersebut, PHRI pun mencanangkan target untuk membuat sebuah platform digital, guna menyesuaiakan regulasi digitalisasi anyar yang dibuat oleh pemerintah pusat.

"Pemerintah pusat kini juga telah membuat pernyataan bahwa ke depan belanja barang dan jasa bakal dititikberatkan melalui sektor digital, kebetulan, pasar kami, khususnya perhotelan, 40 persen dari pemerintah. Jadi, sangat signifikan. Maka, keharusan bagi kami untuk menyesuaikan regulasi," jelas Haryadi.

Oleh sebab itu, Hariyadi menegaskan pihaknya wajib menyambut regulasi tersebut dengan mempersiapkan sebuah platform yang dapat menunjang progres belanja barang dan jasa.

Baca Juga : PHRI Bersama IHGMA dan ICA Sulsel Gelar Kompetisi Bandeng

"Kami mulai mempersiapkan platform bookingina. Platform ini sebenarnya sudah diluncurkan sejak 2016, tapi kami vakumkan karena waktu itu kondisinya belum kondusif," tandasnya.

"Nah, sekarang kami dapat momentum, karena pemerintah sebagai regulator dalam waktu dekat akan melakukan digitalisasi untuk proses belanja barang dan jasa," ujar Hariyadi.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia Airlangga Hartarto, menjelaskan sektor pariwisata, khususnya di industri perhotelan menunjukan pertumbuhan yang semakin baik.

Baca Juga : Selamat, Poltekpar Makassar Raih Predikat Informatif dari Kemenparekraf

Secara tahunan, kamar hotel berbintang naik 5,23 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Sedangkan hotel non bintang tumbuh 24,1 persen.

“Pemulihan ekonomi terus berlanjut. Dan kita berharap koordinasi dengan seluruh stakeholder harus tetap dijaga. Kolaborasi ini merupakan strategi untuk menumbuhkan dan membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi,” kata Airlangga Hartarto saat memberikan sambutan pada pembukaan Rakernas III PHRI di Sahid Hotel  & Convention Yogyakarta, Kamis 9 Februari 2023

Airlangga mengajak agar seluruh peserta Rapat Kerja Nasional Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (Rakernas PHRI) stakeholder bisa mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional di sektor pariwisata.

Baca Juga : Menparekraf Sandiaga Uno Sebut F8 Makassar Festival Tepi Laut Terbaik Dunia

Hal ini penting, karena kuatnya fundamental ekonomi nasional mendorong aktivitas ekonomi domestik tetap bergeliat."ungkapnya

Menteri Pariwisata & Ekonomi Kreatif Sandiaga S Uno yang hadir secara daring juga menyampaikan PHRI sebagai partner Kolaborasi pemerintah jangan pesimis karena masa depan pariwisata Indonesia cerah .

Selain sektor digital Ada beberapa isu yang dibahas dalam Rakernas III PHRI diantaranya adalah Harga tiket pesawat yang masih terbilang mahal menjadi momok bagi industri pariwisata khususnya perhotelan di berbagai daerah di luar pulau Jawa.

Baca Juga : Tiba di Kota Ambon, Tim Langsung Disambut Kadisparbud Ambon

Ketua BPD PHRI Sulawesi Selatan Anggiat Sinaga dalam penyampaian laporannya mengatakan "Kami berharap agar BPP PHRI pusat mendorong pemerintah untuk melakukan percepatan penggunaan anggaran Rp7.5 triliun penyertaan modal negara (PMN) yg telah disetujui oleh DPR RI dalam pemulihan perusahaan garuda agar harga tiket lebih terkendali dengan adanya penambahan unit pesawat Garuda Indonesia."

"Negara jangan kalah dengan perusahaan penerbangan swasta yang kini malah  dikendalikan oleh perusahaan penerbangan tertentu."

"Dengan adanya penambahan unit peswat bagi Garuda Indonesia  dimana Garuda Indonesia adalah milik Negara dan menjadi penerbangan kebanggaan bangsa sehingga harga tiket akan lebih terjangkau harapannya tingkat huni hotel akan bergerak, kunjungan restoran akan lebih baik dan ekonomi pun juga akan lebih baik."

Baca Juga : Tiba di Kota Ambon, Tim Langsung Disambut Kadisparbud Ambon

Penutupan Rakernas III PHRI sekaligus mengumumkan dan menunjuk Kota Bandar Lampung sebagai tuan rumah Rakernas IV tahun 2024. (*)

#phri sulsel #Rakernas PHRI ke III 2023 #Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia #Airlangga Hartanto #Menparekraf #sandiaga uno