Selasa, 07 Februari 2023 14:02

Mentan SYL Pastikan Kebutuhan Beras Nasional Aman Sampai Lebaran

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo (SYL), saat turun melakukan sidak, Selasa (7/2/2023).
Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo (SYL), saat turun melakukan sidak, Selasa (7/2/2023).

"Semua menunjukkan oke. Artinya, beras kita aman sampai Lebaran mendatang. Saat ini panen raya terus berlangsung di sejumlah sentra," ujar Mentan SYL.

RAKYATKU.COM, JAKARTA - Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo (SYL), memastikan kondisi beras secara nasional bisa memenuhi kebutuhan masyarakat hingga Lebaran Idulfitri mendatang.

Kepastian ini, kata dia, dihitung secara detail baik menggunakan kerangka sampel area (KSA) Badan Pusat Statistik (BPS), standing crop, laporan daerah, dan peninjauan langsung di lapangan.

"Semua menunjukkan oke. Artinya, beras kita aman sampai Lebaran mendatang. Saat ini panen raya terus berlangsung di sejumlah sentra," ujar Mentan SYL, saat turun melakukan sidak, Selasa (7/2/2023).

Baca Juga : Pj. Gubernur Jateng Apresiasi Mentan Amran atas Solusi Cepat Bagi Petani

Direktur Utama Food Station Tjipinang Jaya, Pamrihadi Wiraryo, menyampaikan kebutuhan beras untuk wilayah DKI Jakarta dalam kondisi aman dan melimpah. Kepastian ini disampaikan Pamrihadi usai menerima limpahan beras dari Sumatera Selatan sebanyak 494 ton.

Menurutnya, beras sebanyak itu masih akan bertambah seiring panen raya di sejumlah sentra terus berlangsung. Sebagai gambaran, total beras yang dibutuhkan masyarakat Jakarta mencapai 30 ribu ton. Sementara, beras yang tersedia saat ini baru 15 ribu ton.

"Yang masuk saat ini kurang lebih 494 ton atau 21 truk. Tapi, insyaallah besok akan digelontorkan lagi atau diguyur lagi kurang lebih 50 truk atau equivalent sebanyak 1.000 ton," ujar Pamrihadi saat mendampingi sidak Mentan SYL.

Baca Juga : Halal Bihalal Kementerian Pertanian, Mentan Amran Bicara Cinta Membangun Pertanian Gemilang

Pamrihadi mengatakan, food station optimistis dengan kondisi dan ketersediaan beras saat ini. Apalagi, Sumatera Selatan tengah memasuki musim panen yang akan berlangsung hingga April mendatang.

"Sumatera Selatan adalah wilayah yang saat ini panen raya besar. Kita harapkan mampu memenuhi kebutuhan cadangan beras kita," ujarnya.

Dikatakan Pamrihadi, kondisi harga beras saat ini berangsur mengalami penurunan. Sebagai contoh, posisi harga beras IR 643 saat ini rata-rata turun di harga Rp10.375 atau turun Rp25 per hari ini. Dia pun memastikan harga beras medium bisa kembali normal di harga Rp9.450.

Baca Juga : Kebut Optimalisasi Lahan, Kementan Gelar Tanam Padi Perdana di Kalimantan Tengah

"Kita ingin setiap hari turun Rp25. Per hari ini saja sudah di angka Rp10.175. Jadi, kami berterima kasih kepada jajaran Kementan (Kementerian Pertanian) atas distribusi beras tahun ini," jelasnya. "Sekali lagi kita sangat yakin beras kita cukup," imbuhnya.

#Kementerian Pertanian #Syahrul Yasin Limpo