Selasa, 07 Februari 2023 09:29

Saingi ChatGPT, Google Akhirnya Perkenalkan Bard

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Saingi ChatGPT, Google Akhirnya Perkenalkan Bard

Bard adalah chatbot berbasis AI milik Google yang akan menyaingi kesuksesan ChatGPT.

AMERIKA -- Perusahaan induk Google, Alphabet Inc akan meluncurkan layanan chatbot berbasis AI dalam waktu dekat ini. Chatbot berbasis AI itu bernama Bard.

Ujicoba Bard ini disebut-sebut menanggapi kesuksesan besar ChatGPT yang didukung Microsoft.

Sebagai tahap awal, layanan chatbot Bard akan diuji oleh "pengguna terpercaya" sebelum dirilis kepada publik.

Baca Juga : KPPU minta Google LLC Hapus Aplikasi di Play Store

"Kami telah mengerjakan layanan AI percakapan eksperimental, didukung oleh LaMDA, yang kami sebut Bard. Dan hari ini, kami mengambil langkah maju dengan membukanya untuk penguji tepercaya sebelum membuatnya lebih banyak tersedia untuk umum dalam beberapa minggu mendatang," kata Kepala Eksekutif Alphabet, Sundar Pichai dilansir dari blog Google, pada Senin waktu setempat.

"Bard dapat menjadi outlet untuk kreativitas, dan landasan untuk rasa ingin tahu, membantu Anda menjelaskan penemuan-penemuan baru dari James Webb Space Telescope NASA kepada seorang anak berusia sembilan tahun, atau pelajari lebih lanjut tentang striker terbaik di sepakbola saat ini, dan kemudian dapatkan latihan untuk membangun keterampilan Anda," ulas Sundar Pichai.

Tak cuma itu, Google juga mengatakan teknologi AI terbarunya – seperti LaMDA, PaLM, generator gambar Imagen dan pencipta musik MusicLM – akan diintegrasikan ke dalam mesin pencari. Pichai mengatakan, fitur baru yang didukung AI di mesin pencari akan menyaring informasi yang kompleks dan beberapa perspektif ke dalam format “yang mudah dicerna”.

Baca Juga : Lampaui ChatGPT, Threads Jadi Medsos dengan Pertumbuhan Tercepat Sepanjang Sejarah

Pichai menggunakan contoh dengan bertanya kepada Google tentang "alat musik mana yang lebih mudah untuk dipelajari antara gitar dan piano?"

Fitur chatbot AI ini lalu menjawab dengan merujuk sebuah tautan ke satu posting blog di mesin pencarian teratas.

“Beberapa mengatakan piano lebih mudah dipelajari, karena gerakan jari dan tangan lebih alami, dan belajar dan menghafal catatan bisa lebih mudah. Yang lain mengatakan bahwa lebih mudah untuk mempelajari akord pada gitar dan Anda bisa mengambil pola memetik dalam beberapa jam.”

Baca Juga : Cara Mencoba Mesin Pencarian Bing Bertenaga ChatGPT

Perusahaan Alphabet Inc juga akan membuat teknologi di balik LaMDA yang tersedia untuk pengembang, pencipta, dan bisnis, dengan tujuan membangun aplikasi yang ditenagai oleh teknologi AI Google.

Pengumuman Google datang ketika Microsoft, pendukung utama ChatGPT, bersiap untuk meluncurkan lebih banyak produk menggunakan teknologi di belakang chatbot. ChatGPT dikembangkan oleh OpenAI yang berbasis di San Francisco, yang baru-baru ini menerima investasi bernilai miliaran dolar dari Microsoft.

Baca Juga : ChatGPT Kini Topang Mesin Pencari Bing

Pengguna mesin pencari Microsoft, Bing mengklaim bisa mengajukan pertanyaan hingga 1.000 karakter, juga dengan jawaban juga mengutip sumber. Microsoft akan mengumumkan lebih detail tentang penggunaan ChatGPT dalam produknya dalam konferensi pers pada hari Selasa.

#Bard #chatGPT #Google #chatbot