Senin, 06 Februari 2023 12:57

Imbas Gempat Magnitudo 7,7 Turki, 53 Orang Tewas

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
(Foto: Getty Images)
(Foto: Getty Images)

Jumlah korban kemungkinan bertambah karena kerusakan parah.

RAKYATKU.COM - Sebanyak 53 orang dilaporkan tewas dan 130 bangunan runtuh imbas gempa berkekuatan magnitudo 7,7 yang mengguncang Turki, Senin (6/2/2023). Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, melayangkan doa terbaik bagi warga yang terdampak gempa.

Melalui kicauannya di Twitter, Erdogan menyampaikan telah mengerahkan tim SAR dan pihak berwenang terkait agar segera menangani dampak gempa ke sejumlah daerah paling terdampak.

"Saya melayangkan harapan terbaik bagi seluruh masyarakat yang terdampak gempa yang terjadi di Kahramanmaras dan dirasakan di banyak daerah lainnya di Turki. Seluruh unit dan pihak terkait sudah dikerahkan dan bersiaga untuk menangani dampak pasca-gempa di bawah kordinasi AFAD (Badan Manajemen Bencana dan Situasi Darurat Turki)," kata Erdogan.

Baca Juga : Erdogan Menangkan Pilpres Turki

Menteri Dalam Negeri Turki, Suleymon Soylu, mengatakan beberapa daerah yang paling terdampak gempa, yakni di tengah hingga selatan Turki seperti Gaziantep, Kahramanmaras, Hatay, Osmaniye, Adiyaman, Malatya, Sanliurfa, Adana, Diyarbakir, dan Kilis.

Dikutip AFP, pejabat berwenang mengatakan 23 orang tewas di Provinsi Malatya, 17 orang tewas di Urfa, 7 orang tewas di Osmaniye, dan 6 orang lainnya tewas di Diyarbakir. Jumlah korban kemungkinan bertambah karena kerusakan parah.

#Gempa Turki #Recep Tayyip Erdogan