Senin, 30 Januari 2023 20:33

Unjuk Rasa di PLTU Barru, Kapolres Turun Tangan Lakukan Mediasi

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kapolres Barru, AKBP Dodik Susianto saat turun tangan melakukan mediasi.
Kapolres Barru, AKBP Dodik Susianto saat turun tangan melakukan mediasi.

“Terima kasih kepada teman-teman dari Forum Pemuda Bolong Ringgi telah melaksanakan unjuk rasa dan menyampaikan aspirasi dengan cara yang damai dan tertib,"

RAKYATKU.COM, BARRU - Massa yang mengatasnamakan Forum Pemuda Bolong Ringgi melakukan aksi unjuk rasa di kantor PLTU Barru pada Senin (30/1/2023). 

Saat unjuk rasa, massa menuntut pengelola unit PLTU Barru berkomitmen merekrut masyarakat Desa Lampoko menjadi karyawan, baik itu sebagai tenaga kerja operator, staf kantor, security, pengemudi atau tenaga kerja lainnya.

Desa Lampoko berada paling dekat dengan kantor PLTU unit Barru.

Baca Juga : Polda Sulsel: Butuh Kerja Sama Semua Pihak Awasi Distribusi Produk Energi Subsidi

Tuntutan lain yang disampikan yakni penolakan terhadap peralihan karyawan PLN sesuai dengan kesepakatan lama antara pihak PLN dengan Pemerintah Desa Lampoko.

Atas aksi unjuk rasa tersebut, Kapolres Barru, AKBP Dodik Susianto tidak hanya terjunkan personel pengamanan mengawal aksi, tapi juga turun tangan memediasi antara pendemo dan terdemo.

Masing-masing perwakilan kemudian bertatap muka di ruang kantor PLTU Barru.

Baca Juga : Lima Personel Satlantas Polres Barru Dikerahkan Amankan KTT WWF ke-10 di Bali

Pihak PLTU Barru yang dihadiri langsung oleh manager PT. Indonesian Power OMU Ria Indrawan memberikan jawaban atas tuntutan massa ke perwakilan pengunjuk rasa.

Ia menyampaikan terkait persoalan peralihan status karyawan ke PT. Cogindo merupakan kebijakan dari PLN pusat sehubungan dengan operasional PLTU tahap tiga.

Hal lain yang dijawab oleh Pihak manajemen PLTU bahwa mereka menjanjikan untuk lebih memprioritaskan lagi Warga Desa Lampoko untuk bekerja di PLTU Barru sesuai dengan kapabilitas masing-masing.

Baca Juga : Mengenalkan Aturan Lalu Lintas Sejak Dini, Satlantas Polres Barru Sosialisasi ke TK Al Ikhlas

Pertemuan ini akhirnya berakhir dengan masing-masing pihak saling menerima argumen.

AKBP Dodik Susianto menyampaikan terima kasih kepada peserta unjuk rasa yang telah menyampaikan aspirasinya dengan tertib dan tidak anarkis.

“Terima kasih kepada teman-teman dari Forum Pemuda Bolong Ringgi telah melaksanakan unjuk rasa dan menyampaikan aspirasi dengan cara yang damai dan tertib," ujar AKBP Dodik Susianto.

Baca Juga : Perkuat Kolaborasi, Pimpinan Unismuh Beraudiensi dengan Kapolda Sulsel

Massa kemudian membubarkan diri.

Penulis : Achmad Afandy
#Polres Barru #Polda Sulsel