Senin, 30 Januari 2023 14:24

Festival Salo' Karajae Parepare Kembali Masuk KEN Kemparekraf 2023

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Diketahui, pada KEN 2023 ini hanya empat event di Sulsel yang berhasil terpilih, yaitu Festival Salo' Karajae Parepare, F8 Makassar, Beautiful Malino Gowa, dan Toraja Internasional Fest di Toraja.

RAKYATKU.COM, JAKARTA - Festival Salo' Karajae Parepare kembali masuk Kharisma Event Nusantara (KEN) 2023 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

Di Indonesia terdapat 110 event wisata daerah yang ditetapkan masuk KEN 2023. Penetapan itu diumumkan pada seremonial dan peluncuran KEN 2023 oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Uno, di Plaza Keong Mas, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Minggu (29/1/2023).

Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi), berharap event wisata yang berhasil menjadi event nasional di seluruh Indonesia ini dapat menjadi magnet pengunjung sehingga dapat mendongkrak perekonomian.

Baca Juga : Hadiri Musrenbang, Kaharuddin Kadir Serahkan Pokir DPRD Parepare

"Tahun ini terdapat 110 KEN dan 65 sport yang akan menjadi magnet menarik wisatawan nusantara dan mancanegara untuk datang dan menikmati keunikan pariwisata di seluruh penjuru tanah air," ujar Jokowi.

Di antara 110 event wisata yang tersebar di seluruh Indonesia ini, Festival Salo' Karajae menjadi 1 dari 4 event di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) lolos setelah melalui pemilihan ketat dan selektif. Pemilihan mengacu pada aspek ide, potensi, dan inovasi, pengembangan ekonomi kreatif, event management, seni dan budaya, serta aspek strategi komunikasi dan media.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Parepare, Amarun Agung Hamka, mengatakan lolosnya kembali Festival Salo' Karajae masuk KEN 2023 perjuangan Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, yang menjalar kepada jajarannya.

Baca Juga : Buka Musrenbang RKPD Tingkat Kota, Akbar Ali Tekankan Keterlibatan Masyarakat

"Alhamdulillah Festival Salo' Karajae kembali bertahan masuk sebagai 1 dari 4 event wisata mewakili Provinsi Sulawesi Selatan dalam KEN 2023. Ini berkat perjuangan kita bersama masyarakat Parepare. Terlebih dari Bapak Wali Kota Taufan Pawe yang menjadi pamong kami dalam bekerja yang menekankan agar pariwisata menjadi bagian sentral dalam mendongkrak perekonomian masyarakat Parepare khususnya dan Sulawesi Selatan pada umumnya," ungkap Hamka.

Diketahui, pada KEN 2023 ini hanya empat event di Sulsel yang berhasil terpilih, yaitu Festival Salo' Karajae Parepare, F8 Makassar, Beautiful Malino Gowa, dan Toraja Internasional Fest di Toraja.

Penulis : Hasrul Nawir
#Festival Salo' Karajae Parepare #Pemkot Parepare #Disporapar Parepare #Kemenparekraf