Kamis, 26 Januari 2023 15:05

Village Observation, Siswa SMA Islam Athirah Bukit Baruga Hidup Berbaur Warga Desa

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
SMA Islam Athirah Bukit Baruga menggelar observasi desa (village observation) di Desa Ampekale, Kabupaten Maros. Kegiatan akan berlangsung selama empat hari, 25-28 Januari 2023.
SMA Islam Athirah Bukit Baruga menggelar observasi desa (village observation) di Desa Ampekale, Kabupaten Maros. Kegiatan akan berlangsung selama empat hari, 25-28 Januari 2023.

Dari kegiatan ini diharapkan siswa dapat belajar hidup bersama. Merasakan suka dan duka di desa serta dapat mengelola rasa simpati dan empati.

RAKYATKU.COM, MAROS - SMA Islam Athirah Bukit Baruga menggelar observasi desa (village observation) di Desa Ampekale, Kabupaten Maros, dengan tema Menumbuhkan Kemandirian Peserta Didik Berbasis Kearifan Lokal Menuju Pelajar Pancasila, Rabu (25/1/2023). Kegiatan akan berlangsung selama empat hari, 25-28 Januari 2023.

Village observation ini bertujuan untuk para siswa dididik belajar hidup mandiri. Selain itu, dengan tinggal di desa, mereka diajak bersosialisasi dengan masyarakat. Lebih jauh, para siswa akan mencoba melakukan pekerjaan yang dilakukan penduduk desa.

Kegiatan itu dibuka langsung Camat Bontoa, Mulyiadi, yang dalam sambutannya mengatakan bahwa anak-anak SMA Islam Athirah Bukit Baruga bisa diandalkan.

Baca Juga : Andien Meriahkan Puncak Acara HUT 71 Tahun KALLA dalam Acara Family Gathering di Nipah Park

"Insyaallah anak-anak kita bisa menyesuaikan dengan kondisi di desa karena ini adalah pengalaman yang baik untuk melatih kemandirian buat anak anak kita," ujarnya.

Lebih lanjut, Mulyiadi menjelaskan, Desa Ampekale merupakan desa yang berada di pesisir sehingga kondisinya kesulitan air bersih.

"Karena kami di sini sangat sederhana, airnya susah masyarakat di sini beli pakai tangki. Jadi. hemat-hemat pakai air. Walaupun demikian, kami terus berupaya untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat kita bersyukur saat ini masih banyak stok air," katanya.

Baca Juga : Sukses Gelar Kalla Talks, Ini Pengakuan Peserta

Dia juga mengungkapkan terima kasih kepada SMA Islam Athirah Bukit Baruga yang memilih wilayahnya pada kegiatan observasi desa ke-10 ini.

Sementara itu, ketua panitia kegiatan observasi desa, Sumardi Uddin, menjelaskan dari kegiatan ini diharapkan siswa dapat belajar hidup bersama. "Bagaimana merasakan suka dan duka di desa serta dapat mengelola rasa simpati dan empati," tuturnya.

Terpisah, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMA Islam Athirah Bukit Baruga, Sabaruddin, mengatakan village observation adalah program unggulan dari SMA Islam Athirah Bukit Baruga.

Baca Juga : Tingkatkan Kompetensi Tenaga Surveyor, Bumi Karsa Laksanakan Pelatihan Real Time Kinematic

"Village observation program unggulan untuk membangun tiga hal, yakni leadership, kepekaan sosial, dan kepedulian lingkungan sebagai bentuk pembelajaran diluar kelas, "jelasnya.

Diketahui, kegiatan ini dihadiri Kepala Desa Ampekale, Sekretaris Desa Ampekale, Kepala SMA Islam Athirah Bukit Baruga, dan Wakil Kepala Sekolah SMA Islam Athirah Bukit Baruga.

Laporan: Muhammad Syafitra
Tim Web SMA Islam Athirah Bukit Baruga

#SMA Islam Athirah Bukit Baruga #Kalla Group