Selasa, 24 Januari 2023 19:12

KPU Lantik Anggota PPS, Wabup Gowa: Sukseskan Pemilu

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
KPU Lantik Anggota PPS, Wabup Gowa: Sukseskan Pemilu

Sebanyak 501 PPS perwakilan dari 18 kecamatan Se-Kabupaten Gowa dilantik langsung Ketua KPU Kabupaten Gowa, Muhtar Muis.

GOWA -- Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di Kabupaten Gowa kini memasuki tahapan pelantikan Panitia Pemungutan Suara (PPS) Ad Hoc. Sebanyak 501 PPS perwakilan dari 18 kecamatan Se-Kabupaten Gowa dilantik langsung Ketua KPU Kabupaten Gowa, Muhtar Muis.

"Dilantiknya para anggota PPS ini menandakan kesiapan KPU Gowa dalam mensukseskan Pemilu 2024," ungkap Wakil Bupati Gowa, And Rauf Malaganni saat menghadiri Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Panitia Pemungutan Suara (PPS) Se-Kabupaten Gowa di Lily Ballroom, Four Points Hotel By Sheraton, Makassar, Selasa, 24 Januari 2023.

 

Abd Rauf menambahkan, mengingat, penyelenggaraan pesta demokrasi terbesar dan secara serentak dalam tahun yang sama yakni, Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPR, DPD, DPRD dan dilanjutkan dengan Pilkada yakni, Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati serta pemilihan Walikota dan Wakil Walikota yang digelar di tahun yang sama yaitu tahun 2024.

Baca Juga : Program GEMAPATAS Diharap Minimalisir Konflik Sengketa Tanah di Gowa

"Ini bukan pekerjaan yang mudah, ini pekerjaan besar yang sangat menentukan masa depan bangsa kita, masa depan negara kita khusus daerah Kabupaten Gowa yang kita cintai bersama," Kata Wabup Gowa ini.

Lanjutnya, anggota PPS yang dilantik harus mampu mengelola jumlah pemilih yang cukup besar di Kabupaten Gowa, yakni sebanyak 534.183 pemilih dimana laki-laki sebanyak 288.939 orang dan perempuan sebanyak 275.244 orang

"Dalam mengelola ini tidak gampang di wilayah Kabupaten Gowa yang terdiri dari dataran rendah dan dataran tinggi yang cukup luas dengan kondisi geografis yang sangat beragam dan berbeda dengan jumlah penyelenggara yang sangat terbatas, sehingga butuh kerja sama dan kekompakan," ucap Karaeng Kio sapaan akrab Wabup Gowa.

Baca Juga : TP PKK Gowa Gencarkan Gerakan PMT dan Edukasi Gizi di Kecamatan

Pada kesempatan tersebut, Wabup Gowa menyampaikan pula bahwa atas nama Pemerintah Kabupaten Gowa bersama masyarakat mendukung KPU dan seluruh jajaran penyelenggara Pemilu dan Pilkada serentak tahun 2024 agar pelaksanaannya sukses, prosesnya melalui pendidikan politik kepada masyarakat untuk sadar bahwa dalam menghasilkan pemilu dan pilkada serentak yang bermutu dan bermartabat perlu ada peran serta yang melibatkan masyarakat, serta perlu menanamkan nilai-nilai demokrasi dan pelibatan masyarakat dalam proses demokrasi.

Sponsored by MGID

Sementara itu, Ketua KPU Gowa, Muhtar Muis menuturkan, dari 2.000 pendaftar, terpilih 501 anggota PPS yang telah melalui serangkaian tes yang cukup ketat dari KPU Gowa selama kurang lebih satu tahun ke depan akan menjalankan tugas selaku Panitia Pemungutan Suara yang diharapkan menjadi ujung tombak penyelenggaraan pemilihan umum tahun 2024 terkhusus di Kabupaten Gowa.

"Kami meyakini bahwa pilihan kami mungkin tidak semuanya sempurna ada beberapa yang diprotes ada beberapa yang disanggah setelah diumumkan nama-namanya, tapi kami meyakini nama-nama yang kami pilih melalui proses panjang," tutur Muhtar.

Baca Juga : Buka Turnamen Kejurda I Tapak Suci, Wabup Gowa Harap Lahirkan Atlet Berprestasi

Muhtar berharap, ratusan anggota PPS bisa menjalankan amanah dan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai pakta integritas yang dibacakan oleh anggota PPS saat pelantikan. Sepanjang anggota PPS berpegang teguh pada independensi integritas, yakin dan percaya mereka bisa menjalankan amanah menjalankan tugas sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

"Kami harapkan teman-teman PPS bisa menjalankan amanah menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya apa yang perlu dibacakan tadi pakta integritas tolong diikuti dilaksanakan," pungkasnya.

Turut hadir dalam Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Panitia Pemungutan Suara (PPS) Se-Kabupaten Gowa Untuk Pemilihan Umum Tahun 2024 ini Kapolres Gowa, Dandim 1409, Kajari Gowa, Ketua DPRD Gowa, Ketua Bawaslu Gowa, para pimpinan SKPD dan Camat Lingkup Pemkab Gowa.

#Pemkab Gowa #Pemilu 2024