Senin, 23 Januari 2023 14:51

Meriahnya Peringatan Hari Jadi Luwu dan Hari Perlawanan Rakyat Luwu di Palopo

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Meriahnya Peringatan Hari Jadi Luwu dan Hari Perlawanan Rakyat Luwu di Palopo

Peringatan Hari Jadi Luwu ke-755 dan Hari Perlawanan Rakyat Luwu ke-77 dihadiri Bupati se Tana Luwu

PALOPO -- Puncak Peringatan Hari Jadi Luwu ke-755 dan Hari Perlawanan Rakyat Luwu ke-77 yang dipusatkan di Kota Palopo berlangsung sukses dan meriah di Lapangan Pancasila Palopo, Senin 23 Januari 2023.

Pembukaan diawali dengan defile budaya dari Kabupaten se-Tana Luwu dengan berpakaian adat dan penampilan tarian tradisional sumange sipakalebbi.

 

Wali Kota Palopo M Judas Amir menyampaikan, adapun tema yang diusung adalah "Ekonomi Tumbuh, Tana Luwu Sejahtera. Tema ini dipilih dengan kesadaran dan harapan bahwa melalui upaya bersama dan bahu membahu.

Baca Juga : Pemkot Palopo Lanjutkan Gerakan Orangtua Asuh Anak Stunting

"Seluruh elemen pemerintah dan masyarakat se tana Luwu terus menggerakkan roda pemerintahan daerah. Kita mampu mendorong kehidupan masyarakat tana Luwu agar lebih sejahtera," papar Judas.

Oleh karena itu, Judas berharap agar tema ini dapat dimaknai sebagai semangat dan tekad seluruh jajaran pemerintah dan masyarakat tana luwu membangun dan memajukan daerah Tana Luwu sebagai bagian memajukan NKRI.

Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman menyampaikan apresiasinya karena kegiatan ini dapat dilaksanakan secara rutin ini membuktikan bahwa Luwu Raya adalah satu kesatuan.

Baca Juga : Pemkot Palopo Terus Berupaya Tekan Angka Stunting

"Luwu raya adalah salah satu proyeksi strategis (Pemprov) Sulsel. Terbukti bahwa kita telah melakukan pembangunan di Luwu Raya meski masih ada beberapa daerah yang akan dilakukan pembangunan selanjutnya," kata Sudirman.

Sponsored by MGID

Gubernur juga menyampaikan, sudah hampir Rp1 triliun bantuan ke Luwu Raya. Ini menjadi satu bentuk komitmennya bahwa Luwu Raya akan terus melakukan pembangunan sampai selesai periode ini.

"Yang paling penting adalah kita harus selalu bahu membahu kepada bupati dan wali kota.  Marilah kita sama-sama berjuang dan bekerjasama bagaimana pemulihan ekonomi dan penanganan inflasi," pungkas Sudirman.

Baca Juga : Waspadai Kemiskinan Ekstrem, Wali Kota Palopo Wanti-wanti Ketua RT/RW

Perayaan ini dirangkaikan dengan penyerahan sertifikat tanah aset pemerintah dari BPN kepada Pemerintah Kota Palopo dan penyerahan sertifikat program PTSL dari BPN kepada masyarakat.

Selain itu penyerahan bantuan pemerintah dalam keadaan tertentu darurat penyakit mulut dan kuku (PMK) pada sapi dan kerbau yang diserahkan langsung oleh Judas Amir.

Dilanjutkan pula penandatanganan prasasti atas peresmian gedung kantor Dinas Pertanian Kota Palopo, peresmian Gedung Picu dan Nicu Rumah Sakit dr. Palemmai Tandi, peresmian renovasi/penambahan ruang Puskesmas Wara Selatan dan peresmian rehabilitasi sarana, prasarana dan utilitas SMP Negeri 6 Palopo.

Baca Juga : Palopo Kini Punya Perda Bantuan Hukum Bagi Masyarakat Miskin

Peringatan Hari Jadi Luwu ke-755 dan Hari Perlawanan Rakyat Luwu ke-77 dihadiri Bupati se Tana Luwu, Datu Luwu Ke 40 La Maradang Mackulau Opu To Bau, Forkopimda Se Tana Luwu, dan anggota DPRD se Tana Luwu.

Dan dihadiri pula Ketua TP PKK Kota Palopo Kota Palopo dr. Hj. Utia Sari Judas, Wakil Ketua TP PKK, Ketua DWP Isnada Firmanza, pimpinan perangkat Daerah se Kota Palopo, pimpinan BUMN/BUMD, para camat dan lurah serta masyarakat Kota Palopo.

#pemkot palopo #Judas Amir