Jumat, 20 Januari 2023 22:33

Pemkab Luwu Utara Sinergi Komatsu Indonesia Rehab Lahan Pertanian Terdampak Banjir

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani (tengah), dalam pertemuan dengan pihak Komatsu Indonesia di Kantor Bupati Luwu Utara, Kamis (19/1/2023).
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani (tengah), dalam pertemuan dengan pihak Komatsu Indonesia di Kantor Bupati Luwu Utara, Kamis (19/1/2023).

Program yang berjalan tidak hanya menyediakan hunian tetap bagi penyintas dan pemulihan infrastruktur, tetapi juga melakukan upaya rehabilitasi lahan pertanian terdampak banjir.

RAKYATKU.COM, LUWU UTARA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Utara terus melakukan upaya pemulihan pascabanjir bandang di wilayahnya. Salah satunya bersinergi dengan pihak swasta.

Bersama Komatsu Indonesia, program yang berjalan tidak hanya menyediakan hunian tetap bagi penyintas dan pemulihan infrastruktur, tetapi juga melakukan upaya rehabilitasi lahan pertanian terdampak banjir.

"Program ini sudah hampir dua tahun. Berjalan full back up mulai dari peralatan sampai spare part yang kecil, termasuk juga operator dan dukungan pelatihan operator lokal. Bukan hanya pembersihan dan rekonstruksi lahan pascabencana, tapi juga pembukaan lahan pertanian baru khususnya sawah," kata Indah dalam pertemuan dengan pihak Komatsu Indonesia di Kantor Bupati Luwu Utara, Kamis (19/1/2023).

Baca Juga : Bupati Luwu Utara Apresiasi Kamp Pemuda PPGT Klasis Sangbualambe'

"Mudah-mudahan dengan support semua pihak program baik ini dapat terus kita pertahankan dan kembangkan bukan hanya di Lutra tapi di daerah-daerah lain," harap Indah.

Sementara, Kazuto Nakamura, Technical Advisor Farming Project Komatsu Indonesia, mengapresiasi program yang tengah dijalankan bersama Pemkab Luwu Utara.

"Kami akan selalu support dan saya berharap program ini akan terus berlanjut dan dapat menjadi faktor peningkatan kualitas agrikultur di Luwu Utara," terang Kazuto.

Baca Juga : Bupati Lutra: Bendungan Rongkong Jadi Kebutuhan Prioritas Mendesak

Diketahui, luas lahan persawahan terdampak banjir yang telah diintervensi Komatsu Indonesia seluas 73,25 hektare. Selain itu, pembukaan lahan persawahan yang baru seluas 9,15 hektare dan pengolahan lahan sawah jadi seluas 37,85 hektare.

#pemkab luwu utara #Indah Putri Indriani