Jumat, 20 Januari 2023 13:13

Air Laut di Selayar Berubah Jadi Warna Hijau dan Bau Busuk

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Air Laut di Selayar Berubah Jadi Warna Hijau dan Bau Busuk

"kami imbau kepada masyarakat untuk jangan dikonsumsi dulu ikan sebelum ada kepastian dari uji laboratorium yang menyatakan aman dan tidak berbahaya,"

RAKYATAKU.COM - Air laut yang tiba-tiba berubah menjadi warna hijau dan berbau menyengat menghebohkan warga. Kejadian aneh yang membuat ikan-ikan mati tersebut terjadi di Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Penampakan air laut menghijau dan mengeluarkan bau busuk terjadi sejak Selasa 17 Januari 2023 lalu. Warga setempat pun menunjukkan ikan-ikan yang berenang ke tepi pantai yang diduga karena mabuk mencium aroma busuk air dari laut tersebut.

Atas kejadian tak biasa tersebut, Pemerintah Kabupaten Selayar langsung memberikan imbauan kepada warga untuk sementara menyetop mengkonsumsi ikan dari laut.

Baca Juga : Gubernur Sulsel Apresiasi Dukungan Program Pantai Berseri  di Selayar

"Sebagai bentuk antisipasi, kami imbau kepada masyarakat untuk jangan dikonsumsi dulu ikan sebelum ada kepastian dari uji laboratorium yang menyatakan aman dan tidak berbahaya," kata Wakil Bupati Selayar Saiful Arif dalam keterangan tertulisnya, Kamis 19 Januari 2023.

Saat ini langkah yang diambil Pemkab Selayar melalui dinas terkait telah mengambil sampel air laut maupun ikan yang terjadi di Desa Parak, Kecamatan Bontomanai itu.

"Saat ini dinas terkait telah mengambil sampel untuk diuji di laboratorium. Kami berharap warga jangan dulu langsung dikonsumsi karena bisa saja ini adalah racun yang konsumsi ikan sehingga mati. Atau bisa saja kadar air yang sudah tidak nyaman bagi ikan lalu mati, nah itu yang belum bisa kita pastikan, kita tunggu hasil uji lab," tambahnya.

Baca Juga : Bantuan Pemerintah Provinsi Sulsel untuk Nelayan di Selayar


Sumber: VIVA.co.id

#selayar