Kamis, 19 Januari 2023 19:08

Bupati Gowa Harap PWI Jadi Wadah Jurnalis Tingkatkan Profesionalisme

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Gowa Harap PWI Jadi Wadah Jurnalis Tingkatkan Profesionalisme

"60 persen penduduk memang pembaca berita, tapi dari 60 ini 40 persen hanya membaca judul tanpa membuka isinya."

GOWA -- Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichan didampingi Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni menghadiri Pelantikan Ketua dan Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Gowa, masa bakti 2022 - 2025, di Baruga Tinggimae, Rujab Bupati Gowa, Kamis (19/1).

Pelantikan ini mengangkat tema "Kolaborasi Dalam Bingkai Profesionalisme Pers yang Berintegritas di Era Digitalisasi" dan dilantik langsung Ketua PWI Sulsel, Agus Alwi Hamu.

 

Bupati Adnan mengatakan dirinya sangat setuju dengan tema yang diangkat. Menurutnya kolaborasi menjadi hal yang sangat penting khususnya dalam mencapai kesuksesan dan kemajuan daerah.

Baca Juga : Program GEMAPATAS Diharap Minimalisir Konflik Sengketa Tanah di Gowa

"Saya sangat mengapresiasi tema kegiatan ini, karena tidak ada kemajuan yang bisa diraih dengan cara individualistik tapi dengan kolaborasi semua bisa diraih," katanya.

Orang nomor satu di Gowa ini mengaku media saat ini sangat berperan penting dalam pembangunan suatu daerah. Pasalnya melalui pemberitaan dari media yang ada seluruh program hingga capaian pemerintah daerah dapat diketahui oleh masyarakat luas.

"Dalam teori pentahelix ada lima unsur pilar pembangunan yang tidak dapat dipisahkan satu dengan lainnya yaitu pemerintah, swasta, masyarakat, akademisi dan media. Jika kelima unsur ini berjalan dengab dengan baik maka yakin dan percaya daerah tersebut juga baik," jelas Bupati Adnan yang hadir didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Gowa, Priska Paramita Adnan.

Baca Juga : TP PKK Gowa Gencarkan Gerakan PMT dan Edukasi Gizi di Kecamatan

Kendati demikian, Adnan menyebut saat ini terdapat beberapa wartawan yang hanya mementingkan judul tapi tidak sesuai dengan isi berita. Karena itu PWI harus menjadi wadah dalam meningkatkan profesionalisme wartawan.

Sponsored by MGID

"60 persen penduduk memang pembaca berita, tapi dari 60 ini 40 persen hanya membaca judul tanpa membuka isinya. Mohon maaf terkadang untuk membuat berita itu bombastis judul dan isinya tidak ketemu, sehingga salah satu tugas berat PWI adalah menyadarkan oknum pers seperti ini," jelasnya.

Olehnya pada kesempatan tersebut, Sekjen Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) ini berharap kontribusi dari PWI melalui jari dari seluruh insan pers yaitu pemberitaan yang mampu memajukan daerah.

Baca Juga : Buka Turnamen Kejurda I Tapak Suci, Wabup Gowa Harap Lahirkan Atlet Berprestasi

"Kita berharap kedepannya PWI dan Pemerintah Kabupaten Gowa bisa berkolaborasi sehingga peningkatan kesejahteraan masyarakat bisa terwujud di wilayah Kabupaten Gowa ini," harapnya.

Sementara Ketua PWI Gowa terpilih, Arman mengungkapkan PWI akan menjadi unsur untuk melakukan pembinaan wartawan menuju arah profesionalisme.

"Kita akan membuat program kerja yang berfokus terhadap profesionalisme wartawan, karena diera sekarang informasi beredar luas dan masuk dalam segala arah tanpa terkontrol, sehingga peran insan pers adalah memberikan informasi kebenaran kepada masyarakat," ungkapnya.

Baca Juga : Ketua Komisi IX DPR: Penanganan Stunting di Gowa Harus Didukung Anggaran Memadai

Pada pelantikan ini turut diserahkan penghargaan kepada Bupati Gowa sebagai Tokoh Inspiratif Insan Pers yang diserahkan oleh Ketua PWI Sulsel dan Pelantikan Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) yang turut pula hadir jajaran Forkopimda Kabupaten Gowa Gowa dan para pimpinam SKPD Lingkup Pemkab Gowa.

#Pemkab Gowa #adnan purichta ichsan #PWI