Rabu, 18 Januari 2023 10:00

Lucile Randon, Manusia Tertua di Dunia Meninggal di Usia 118 Tahun

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Lucile Randon. (Foto: AFP/Getty Images)
Lucile Randon. (Foto: AFP/Getty Images)

Lucile Randon merupakan anak perempuan satu-satunya dari tiga bersaudara yang lahir pada 11 Februari 1904 silam.

RAKYATKU.COM - Biarawati asal Prancis, Lucile Randon, manusia tertua di dunia meninggal pada usia 118 tahun, Selasa (17/1/2023). Rando mengembuskan napas terakhir di Panti Jompo Sainte-Catherine-Laboure, Kota Toulon, Provence-Alpes-Côte d'Azur.

Randon yang dikenal juga sebagai Sister Andre menyandang gelar orang tertua di dunia sejak April 2022. Sebelumnya, posisi tersebut dipegang perempuan asal Jepang, Kane Tanaka, sebelum meninggal pada usia 119.

"Ada rasa sedih yang luar biasa, tetapi itu adalah keinginan Randon untuk bergabung dengan saudara laki-lakinya tercinta (yang sudah meninggal). Baginya ini adalah pembebasan," ujar juru bicara panti jompo, David Tavell, dikutip dari AFP, Rabu (18/1/2023).

Baca Juga : Manusia Tertua di Dunia Rayakan Ulang Tahun Ke-118

Rekor usia tertua yang pernah ada diraih Jeanne Calment, perempuan asal Kota Arles, Prancis, yang meninggal di 1997 pada usia 122 tahun.

Randon merupakan anak perempuan satu-satunya dari tiga bersaudara yang lahir pada 11 Februari 1904 silam. Dia dibesarkan di lingkungan keluarga Protestan yang tinggal di Kota Ales, Prancis.

Guinness World Records resmi mengakui status Randon sebagai orang tertua di dunia pada April 2022. Dalam wawancara kala itu, Randon mengaku pekerjaan dan kepeduliannya terhadap orang lain memberikan semangat untuk hidup.

Baca Juga : Laki-Laki Tertua di Afrika Selatan Meninggal Dunia

"Orang-orang mengatakan bahwa pekerjaan membunuh, bagi saya pekerjaan membuat saya tetap hidup, saya terus bekerja sampai saya berusia 108 tahun. Masyarakat harus saling membantu dan saling mencintai, bukan saling membenci. Bila kita berbagi semua itu, segalanya akan jauh lebih baik," kata Randon.

Walau tunanetra dan bergantung pada kursi roda, Randon biasa merawat lansia lain yang jauh lebih muda dari dirinya.

#Lucile Randon #manusia tertua