Selasa, 17 Januari 2023 22:06

Bupati Barru dan Forkopimda Rakornas Kepala Daerah se-Indonesia, Siap Jalankan Amanah Presiden

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Barru dan Forkopimda Rakornas Kepala Daerah se-Indonesia, Siap Jalankan Amanah Presiden

“Ini sebuah prestasi yang sangat baik sekali, karena di kuartal III kita bisa tumbuh 5,72. Bandingkan dengan negara-negara lain,”

RAKYATKU.COM, BARRU - Presiden RI Joko Widodo membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepala Daerah dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) se-Indonesia Tahun 2023, di Sentul International Convention Centre (SICC), Sentul, Jawa Barat, Selasa (17/01/2023).

Rakornas Kepala Daerah dan Forkopimda Tahun 2023 ini mengusung tema “Pertumbuhan Ekonomi dan Pengendalian Inflasi”. Rakornas yang dihadiri oleh 4.545 orang.

Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi menyampaikan apresiasi atas kerja keras semua pihak, baik pusat maupun daerah, sehingga pandemi COVID-19 di tanah air dapat dikendalikan dan pertumbuhan ekonomi dapat terjaga.

Baca Juga : Pemkab Barru Serahkan Laporan Keuangan 2023 ke BPK

“Alhamdulillah, pandemi berhasil kita kelola dan kita kendalikan dengan baik, dan stabilitas ekonomi juga bisa kita manage, kita pertahankan sehingga berada pada posisi yang sangat baik. Ini berkat kerja keras kita semuanya,” ujar Presiden.

Di tengah pandemi dan perlambatan ekonomi di sejumlah negara, imbuh Presiden, Indonesia juga mampu mencatatkan pertumbuhan ekonomi yang baik. Pada kuartal III-2022 ekonomi Indonesia mampu tumbuh 5,72 persen dan di kuartal IV-2022 diperkirakan tumbuh 5,2 hingga 5,3 persen.

“Ini sebuah prestasi yang sangat baik sekali, karena di kuartal III kita bisa tumbuh 5,72. Bandingkan dengan negara-negara lain,” ujarnya.

Baca Juga : Musrenbang Kabupaten Barru Tahun 2025: Akselerasi Menuju Barru Yang Mandiri

Meskipun mampu melalui tahun turbulensi ekonomi di 2022 dengan baik, kata Presiden, Indonesia harus tetap hati-hati dan waspada karena tahun 2023 masih menjadi tahun ujian bagi ekonomi global.

“Semuanya harus hati-hati, harus bekerja keras semuanya mendeteksi informasi-informasi dan data-data yang ada di lapangan sehingga jangan sampai kita keliru membuat kebijakan. Sekecil apapun kebijakan itu harus berbasis pada data dan fakta-fakta di lapangan,” tegasnya.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengungkapkan bahwa pada tahun 2022 kolaborasi antara instansi pusat dan daerah mampu menjaga pertumbuhan ekonomi di tanah air.

Baca Juga : Malam Ke-14 Ramadan, Bupati Barru Silaturahmi di Masjid Besar Nurul Ittihad Pekkae

“Tingkat inflasi juga terkendali dengan baik. Sesuai dengan data Badan Pusat Statistik [inflasi] pada September 2022 5,95 persen, kemudian pada bulan Oktober 2022 turun menjadi 5,71 persen, dan November 2022 turun sebesar 5,40 persen, dan untuk terakhir bulan Desember terjadi kenaikan sedikit 5,51 persen karena adanya pola demand yang bersifat seasonal atau musiman adanya Hari Raya Natal dan perayaan tahun baru,” imbuh Tito.

Salah satu Kepala daerah yang hadir adalah Bupati Barru, Suardi Saleh, dalam keterangannya melalui kabid humas IKP menyampaikan akan siap menjalankan intruksi Presiden.

Apalagi apa yang disampaikan Presiden sejalan dengan program pembangunan serta visi misi Kabupaten Barru.

Baca Juga : Bupati Barru Raih Penghargaan Best Stunting Prevention di CNN Indonesia Awards

“Maka dari itu, saya mengajak seluruh Unsur Forkopimda yang hadir dan masyarakat Barru untuk bersama mensukseskan, serta mewujudkan Kabupaten Barru yang lebih baik, khususnya dalam menekan angka inflasi, menurunkan tingkat kemiskinan ekstrem, menekan angka stunting, penguatan investasi, merancang tata kota, menjaga stabilitas politik dan keamanan serta menjaga kerukunan umat beragama,” ungkapnya.

 

Penulis : Achmad Afandy
#Pemda Barru #suardi saleh