Selasa, 17 Januari 2023 16:11

Pemkot Makassar Siapkan 15 Unit Kendaraan Listrik Co’mo Edisi Terbaru

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
(Foto: Diskominfo Makassar)
(Foto: Diskominfo Makassar)

Minibus edisi selanjutnya akan lebih unggul. Sebelumnya memang merupakan prototipe untuk pengembangan lebih bagus ke depannya.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar tengah mempersiapkan 15 unit moda transportasi Commuter Metromoda (Co’Mo) edisi terbaru. Rencananya peluncuran dan operasionalnya dimulai pada Juni atau Juli 2023 nanti.

Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto (Danny), mengungkapkan minibus edisi selanjutnya ini lebih unggul. Sebelumnya, kata dia, memang merupakan prototipe untuk pengembangan yang lebih bagus ke depannya.

Danny yang merupakan pendesain dan perancang Co’Mo mengaku, akan melakukan beberapa perubahan, dari desain, kecepatan, hingga kapasitasnya.

Baca Juga : Wali Kota Makassar Jamin Stok Elpiji Aman, Pertamina Bentuk Satgas Rafi

"Tadi saya konsolidasi mobil listrik, jadi kita membangun 15 unit mobil listrik lagi untuk Pemkot Makassar. Ada penyempurnaan desain, penyempurnaan kecepatan, dan kapasitasnya," kata Danny usai berdiskusi lepas dengan perakit Co’Mo, Ervan Komunar Pabo, di kediamannya, Jalan Amirullah, Makassar, Senin, (16/1/2023).

Danny menyebut, targetnya peluncuran dan operasional bisa pada Juni atau Juli 2023 nanti. Selanjutnya, Co’mo akan menjadi transportasi khusus mengangkut wisatawan berkeliling mengunjungi lorong wisata (longwis) dalam wilayah Makassar.

Penumpang Co’mo akan disuguhkan dengan kacamata VR yang memperlihatkan metaverse dari longwis yang akan dikunjungi.

Baca Juga : Bersama Pejabat Pemkot Makassar,Zulkifli Nanda Belajar Tata Kelola Utilitas Bawah Tanah

Di samping, Co’mo juga menjadi bagian dari upaya mendukung kebijakan pemerintah dalam hal kendaraan listrik.

Sementara, perakit Co'mo, Ervan, mengatakan dalam prototipe Co’Mo sebelumnya kapasitas power masih rendah sehingga perlu ditingkatkan.

“Kapasitas power-nya harus naik tiga kali lipat untuk operasional yang lebih mumpuni di Makassar. Bentuknya hampir mirip (Co’Mo). Untuk bodinya, sebelumnya kan kombinasi triplek dan fiberglass, sementara yang baru nanti itu semuanya dari besi,” kata Ervan yang juga menjabat Direktur Utama PT Jaringan Awan Digital Indonesia ini.

Baca Juga : Wali Kota Makassar Janji Alokasikan Rp1 Miliar Dana Hibah untuk Masjid Al-Markaz

Dia mencatat, keunggulan Co’Mo dibanding dengan kendaraan konvensional, yakni ramah lingkungan atau green energy sehingga tanpa polusi. Pada prinsipnya, kata dia, merupakan kendaraan masa depan.

Dia menuturkan, timnya hanya menjalankan desain dari Wali Kota Makassar. Sembari itu, menunggu administrasi beres, seperti izin perusahaan, izin industri, juga laik jalannya.

"Saya tukang jahitnya, tukang buatnya. Semua desainnya dari Pak Wali. Rencananya bulan Juni itu sudah ada 15 unit yang mana harus lebih sempurna dari sebelumnya,” tuturnya.

Baca Juga : Kebijakan Beli Elpiji 3 Kg Pakai KTP, Pemkot Makassar Akan Intens Pantau

Termasuk kata dia, Wali Kota Makassar sementara berkoordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) tentang bagaimana regulasinya. Apakah pemerintah daerah bisa buat sendiri atau berkolaborasi dengan swasta lalu dibeli.

"Kami juga dari Jakarta terus berkolaborasi dengan Pemkot Makassar untuk menuntaskan ini. Apalagi saya juga orang Makassar-ji, cuma lama di Jakarta,” ucapnya terkekeh.

Selain itu, akan melibatkan civitas kampus sehingga terwujud pemberdayaan.

Baca Juga : Bersama Wali Kota Makassar, Ketua DPRD Rudianto Lallo Tur Fasilitas Baru Kantor Balai Kota

Ketika resmi, maka Makassar menjadi yang pertama di Indonesia. Sebelumnya, desain Co’Mo sudah menggunakan sensor dengan kendali melalui smartphone. Sistem pengisian baterai pun dengan energi matahari.

#pemkot makassar