Senin, 16 Januari 2023 08:48

Wali Kota Palopo Buka Pasar Rakyat dan Malam Pentas Seni

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Wali Kota Palopo Buka Pasar Rakyat dan Malam Pentas Seni

Kegiatan ini adalah salah satu rangkaian memperingati Hari Jadi Luwu ke-755 dan Perlawanan Rakyat Luwu ke-77.

PALOPO -- Wali Kota Palopo M. Judas Amir menghadiri pembukaan Pasar Rakyat dan Malam Pentas Seni dalam rangka memperingati Hari Jadi Luwu ke-755 dan Perlawanan Rakyat Luwu ke-77 yang diselenggarakan di Lapangan Pancasila Palopo, Minggu 15 Januari 2023.

Pembukaan Pasar Rakyat dan Malam Pentas Seni ditandai dengan pemukulan gong oleh wali kota Palopo. Judas Amir dalam sambutannya menyampaikan, masyarakat Tana Luwu selalu bertekad untuk menjaga kelestarian budaya. "Sebagai pemerintah, kami menyampaikan terimakasih atas perhatian yang seperti ini," ucap Judas.

Pada kesempatan itu pula, Wali Kota Palopo secara resmi mengumumkan bahwa lapangan Pancasila secara resmi dibuka kembali untuk ditempati setiap malam.

Baca Juga : Pemkot Palopo dan Bank Sulselbar Luncurkan Kartu Kredit Pemerintah Daerah

"Lapangan Pancasila jangan dikotori kita harus pelihara dan menjaga kebersihan lapangan.

Kenapa baru malam ini dibuka secara umum karena kita tidak ingin mendahului aturan pemerintah yang tertinggi karena baru-baru ini Presiden Republik Indonesia memberikan isyarat kegiatan yang dilaksanakan sebelum Covid-19 dapat dilaksanakan kembali," kata Judas. 

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palopo, Firmanza DP menyampaikan, kegiatan tersebut diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi dan memperkenalkan produk lokal Palopo dan tana Luwu yang mempunyai daya saing serta kualitas ekspor baik nasional maupun internasional.

Baca Juga : Pemkot Palopo Siapkan 43 Hektar Lahan untuk Gerakan Budidaya Pisang

Adapun total peserta sebanyak 330 peserta dan diharapkan akan terus bertambah selama pelaksanaan pasar rakyat. Sementara peserta pentas seni sebanyak 30 kelompok dan juga akan diisi oleh qasidah rebana perwakilan dari 9 kecamatan.

Rangkaian kegiatan lainnya memperingati hari jadi Luwu yaitu lomba permainan tradisional yang dilaksanakan di Lapangan Pancasila mulai 19-20 Januari 2023. Kemudian karnaval tingkat TK, SD, SMP dan SMU dilaksanakan tanggal 21 Januari 2023, kejuaraan bulu tangkis yang dilaksanakan oleh ORARI tanggal 18-22 Januari 2023 dilaksanakan di GOR dan lomba maraton 10 KM tanggal 22 Januari 2023.

Untuk eksebisi sepak bola antar pemerintah daerah se tana Luwu dilaksanakan tanggal 22 Januari bertempat di stadion Lagaligo dan puncak Peringatan hari jadi Luwu dilaksanakan 23 Januari 2023 di Lapangan Pancasila.

#pemkot palopo #Judas Amir