Sabtu, 14 Januari 2023 11:38

Taufan Pawe Bangun Kawasan Kuliner Religius, Ikon Baru di Parepare

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, saat meninjau progres pembangunan kawasan kuliner religius Jalan Mattirotasi, Kelurahan Cappa Galung, Kecamatan Bacukiki Barat, Kota Parepare.
Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, saat meninjau progres pembangunan kawasan kuliner religius Jalan Mattirotasi, Kelurahan Cappa Galung, Kecamatan Bacukiki Barat, Kota Parepare.

Kawasan ini akan dilengkapi sarana lapangan bola voli pasir. Jika nantinya selesai akan menjadi ikon pertama dan satu-satunya di Sulawesi Selatan.

RAKYATKU.COM, PAREPARE - Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, menghadirkan ikon baru di Parepare. Kawasan kuliner religius yang saat ini dalam tahap perampungan.

Tidak sekadar untuk ditempati santai serta berwisata kuliner dan berbelanja, tetapi juga untuk berolahraga. Kawasan ini akan dilengkapi sarana lapangan bola voli pasir. Jika nantinya selesai akan menjadi ikon pertama dan satu-satunya di Sulawesi Selatan.

"Awalnya dirancang menjadi sarana skatepark, tapi tidak jadi. Diganti menjadi sarana lapangan voli pantai yang betul-betul menggunakan pasir putih. Ini akan menjadi satu-satunya di Sulawesi Selatan," ungkap Taufan, Jumat (13/1/2023)

Baca Juga : DPRD Parepare Gelar Paripurna LKPj Wali Kota TA 2023

Taufan mengulas bahwa kawasan kuliner religius ini dibangun membentang sepanjang 180 meter di sisi utara Masjid Terapung B.J. Habibie, Jalan Mattirotasi, Kelurahan Cappa Galung, Kecamatan Bacukiki Barat, Parepare.

Di kawasan itu, akan ditampilkan kuliner religius yang bukan hanya milik orang muslim, tetapi juga nonmuslim.

"Jadi, kita maknai religius secara baik. Jangan tampilkan hal-hal tidak edukatif di kawasan itu, seperti musik yang tidak edukatif. Karena alangkah indah, asyik, dan tenangnya kalau kita mendengarkan alunan lagu padang pasir sambil melihat matahari terbenam di kawasan kuliner religius itu," ulas Wali Kota Parepare dua periode ini.

Baca Juga : Pj Wali Kota Parepare Buka Musrenbang RPJPD 2025-2045

Hadirnya kawasan kuliner religius ini adalah hasil dari upaya Parepare dalam mengendalikan inflasi pasca kenaikan harga BBM dengan berbuah reward Dana Insentif Daerah (DID) dari pemerintah pusat.

Taufan mengungkapkan, dana reward itu disalurkan kembali kepada masyarakat dalam bentuk bansos, pelatihan peningkatan usaha, hingga operasi pasar, agar harga terkendali supaya daya beli masyarakat juga terkendali. Selain itu, ada pasar murah dan pembangunan kawasan kuliner religius.

"Kawasan kuliner religius ini dihadirkan berbentuk kontainer-kontainer yang tertata baik dan berestetika. Jadi, masyarakat bisa menikmati kuliner di situ, berbelanja produk-produk, dan salat di Masjid Terapung," papar Ketua DPD I Partai Golkar Sulsel.

Baca Juga : 82 Mahasiswa PKPA di RSUD Andi Makkasau Parepare

Taufan secara khusus mengapresiasi jajarannya dan masyarakat Parepare secara umum karena bersama-sama bisa melewati pandemi dan kenaikan harga BBM.

Penulis : Hasrul Nawir
#Pemkot Parepare #taufan pawe