Jumat, 13 Januari 2023 16:04

Bupati Luwu Utara Resmikan Lumbung Pangan Bernilai Rp1 M di Sidobinangun

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, meresmikan lumbung pangan masyarakat di Desa Sidobinangun, Kecamatan Tanalili, Jumat (13/1/2023).
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, meresmikan lumbung pangan masyarakat di Desa Sidobinangun, Kecamatan Tanalili, Jumat (13/1/2023).

Infrastruktur bernilai hampir Rp1 miliar itu merupakan yang keempat diresmikan yang dibangun pada 2022 lalu.

RAKYATKU.COM, LUWU UTARA - Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, meresmikan lumbung pangan masyarakat di Desa Sidobinangun, Kecamatan Tanalili, Jumat (13/1/2023).

Infrastruktur bernilai hampir Rp1 miliar itu merupakan yang keempat diresmikan yang dibangun pada 2022 lalu.

Indah menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada semua pihak hingga lumbung pangan ini terbangun dan bisa dimanfaatkan para petani.

Baca Juga : Bupati Luwu Utara Apresiasi Kamp Pemuda PPGT Klasis Sangbualambe'

"Begitu banyak program yang masuk di Desa sidobinangun, salah satunya lumbung pangan ini. Menariknya swadaya msyarakat dalam partisipasi pembangunan cukup tinggi. Kolaborasi seperti ini yang kita butuhkan bahwa permasalahan pembangunan itu tanggung jawab bersama, kita sangat mengapresiasi hal ini," kata Indah.

Indah berharap, pemanfaatannya bukan hanya yang tergabung di gabungan kelompok tani (gapoktan). "Kami yakin bila berfungsi baik, selain harmonisasi ekspor-impor pangan, dapat juga menjadi sebagai lumbung cadangan pangan," ujarnya.

Bupati perempuan pertama di Sulawesi Selatan (Sulsel) ini mengungkapkan, sektor pertanian penyumbang 49,04 persen terhadap produk domestik regional bruto (PDRB) yang trennya terus meningkat.

Baca Juga : Bupati Lutra: Bendungan Rongkong Jadi Kebutuhan Prioritas Mendesak

"Surplus padi beras kita tahun lalu 89.000 sekian ton dan di tahun 2022 naik menjadi 93.474 ton di tengah kondisi cuaca yang tidak menentu dan lokasi pertanian yang terdampak bencana. Alhamdulillah hasilnya tetap baik," bebernya.

Dirinya pun berpesan agar lumbung pangan ini dimanfaatkan sebaik mungkin. "Kami serahkan ini aset milik Bapak-Ibu, tolong dijaga seperti menjaga diri sendiri, kita harus optimis pertanian maju melesat, kesejahteraan masyarakat terus membaik," ucapnya.

Kepala Desa Sidobinangun, Sulaiman Sampetoding, menyampaikan terima kasih ke pemerintah daerah yang selalu memberikan perhatian untuk warganya.

Baca Juga : Disdikbud Luwu Utara Santuni Ratusan Yatim Piatu

"Kami sangat bersyukur banyak program infrastruktur yang hadir, mulai dari bangunan sekolah, irigasi, dan lumbung pangan ini. Kami berterima kasih terkhusus kepada Ibu Bupati," tuturnya.

#pemkab luwu utara #Indah Putri Indriani