Kamis, 12 Januari 2023 11:20

PPKM Dicabut, Dinkes Sulsel Minta Masyarakat Tetap Vaksinasi Covid-19

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

"Jadi, vaksinasi booster terus kita dorong meskipun Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat telah dicabut," kata Ardadi, Kabid P2P Dinkes Sulsel.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pemerintah pusat telah mencabut kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Biar begitu, Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulawesi Selatan (Sulsel) meminta masyarakat tetap melakukan vaksinasi Covid-19 semua dosis.

"Jadi, vaksinasi booster terus kita dorong meskipun Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat telah dicabut. Ini juga sesuai dengan Inmendagri Nomor 53 Tahun 2022," kata Ardadi, Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (Kabid P2P) Dinkes Sulsel, dikutip dari Antara, Kamis (12/1/2023).

Dalam Inmendagri tersebut, gubernur dan bupati/wali kota diinstruksikan mendorong masyarakat tetap melakukan vaksinasi dasar dan booster secara mandiri atau terpusat di tempat-tempat umum, seperti perkantoran, pabrik, tempat ibadah, pasar, dan terminal.

Baca Juga : Penjabat Gubernur Lakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Menara Masjid Nurul Ilmi Himal SMPPSMADAGA Bone

Selain itu, diinstruksikan melakukan pembinaan dan pengawasan ketat terhadap pencegahan dan pengendalian Covid-19 di wilayahnya, termasuk melakukan asesmen indikator Covid-19 untuk menilai laju penularan dan kapasitas respons.

Ardadi menjelaskan, pihaknya terus mendorong penerapan protokol kesehatan, khususnya penggunaan masker di tempat atau ruang sempit sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

"Termasuk masyarakat yang bergejala mengalami penyakit pernapasan, seperti pilek dan batuk, tetap juga kita dorong menggunakan masker," ujarnya.

#Pemprov Sulsel #Dinkes Sulsel #vaksinasi covid-19