Kamis, 12 Januari 2023 10:00

Milad Ke-84, DDI Mangkoso Jalin Kerja Sama dengan Dua Pesantren di Jawa

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Sekretaris Daerah (Sekda) Barru, Abustan.
Sekretaris Daerah (Sekda) Barru, Abustan.

Dua pondok pesantren (ponpes) itu, yakni Ponpes Nurul Iman Parung Bogor dan Ponpes Derajat Lamongan Jawa Timur.

RAKYATKU.COM, BARRU - Sekretaris Daerah (Sekda) Barru, Abustan, mewakili Bupati Barru, Suardi Saleh, menghadiri penutupan milad ke-84 Pondok Pesantren (Ponpes) DDI Mangkoso di GOR Putra DDI Mangkoso di Tonronge, Kabupaten Barru, Rabu (11/1/2023).

Acara dirangkaikan pelantikan pengurus Ikatan Alumni DDI (IADI) Mangkoso. Selain itu, penandatanganan nota kesepahaman dengan dua ponpes di Jawa, yakni Ponpes Nurul Iman Parung Bogor dan Ponpes Derajat Lamongan Jawa Timur.

Abustan pada kesempatannya mengajak para santri dan alumni serta pembina kreatif, inovatif, dan mampu menguasai informasi teknologi (IT). Sebab, kata dia, sekarang ini sudah zaman serba digital.

Baca Juga : KKN Angkatan XXV STAI Al Gazali Barru Gelar Seminar Program Kerja di Desa Palakka

Dia juga menyampaikan apresiasi karena penerimaan zakat dari tahun ke tahun mengalami peningkatan dan terbesar di Indonesia berkat kepemimpinan A.G. H.M. Faried Wajdi di Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Barru.

Sementara, Pimpinan Ponpes DDI Mangkoso A.G. H.M. Faried Wajdi, menjelaskan sejarah tentang DDI Mangkoso. Perjalanan ponpes, kata dia, dimulai pada 21 Desember 1938. Waktu itu A.G. Abdul Rahman Ambo Dalle didatangkan Petta Soppeng memulai pengajian di Ponpes DDI Mangkoso.

Lalu, 11 Januari 1939 mulai dibangunlah madrasah-madrasah Ponpes DDI Mangkoso.

Baca Juga : Audience dengan Bupati Barru, Pengurus Baru IKA Gappembar Siap Dilantik

Turut hadir pada kesempatan ini Wakapolres Barru, Kompol Akbar Usman, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Barru, Jamaruddin, dan Ketua Umum Pengurus Besar (PB) DDI, Syamsul Bahri Galigo.

Kemudian, mewakili Pengurus Pusat (PP) IADI Mangkoso, Nurhasan, Pimpinan Ponpes Nurul Iman Parung Bogor, Ummi Wahida, dan Pimpinan Ponpes Derajat Lamongan Jawa Timur, Anas Al Hefni, serta undangan lainnya.

Penulis : Achmad Afandy
#Ponpes DDI Mangkoso #Pemkab Barru