Senin, 09 Januari 2023 08:43

Bupati Luwu Utara Ingin Pasar Rakyat Tarue Segera Dimanfaatkan

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani.
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani.

Pasar ini memiliki daya tampung sekitar 70 pedagang, terdiri dari 18 yang diperuntukkan untuk pedagang kios dan 52 untuk pedagang los.

RAKYATKU.COM, LUWU UTARA - Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, menginginkan agar Pasar Rakyat Tarue segera dimanfaatkan pada awal 2023 ini.

Pasar yang dibangun melalui dana Tugas Pembantuan (TP) Kementerian Perdagangan RI tahun anggaran 2022 ini memiliki daya tampung sekitar 70 pedagang, terdiri dari 18 yang diperuntukkan untuk pedagang kios dan 52 untuk pedagang los.

Indah ini berharap aktivitas pedagang dan pembeli bisa lebih sehat dan bisa bersaing dengan retail modern. "Saya berharap pasar ini dapat segera difungsikan karena target kita Januari ini sudah bisa digunakan serta segera dimanfaatkan," kata Indah dikutip dari laman resmi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Utara, Senin (9/1/2023).

Baca Juga : Bupati Luwu Utara Apresiasi Kamp Pemuda PPGT Klasis Sangbualambe'

"Saya titip dipastikan pemanfaatan dapat berjalan dengan baik juga dipelihara. Bangunan sebagus apa pun jika tidak dipelihara maka masa pakainya akan lebih singkat," tambahnya.

Indah mengatakan, tahun depan Pemkab mendapat alokasi anggaran untuk pengembangan Pasar Rakyat Kecamatan Sukamaju dan Sukamaju Selatan.

"Untuk itu mohon jaga kondusivitas wilayah kita sebab prasyarat pembangunan adalah keamanan daerah tersebut," harap Indah.

Baca Juga : Bupati Lutra: Bendungan Rongkong Jadi Kebutuhan Prioritas Mendesak

Terkait permodalan, Indah berharap para pedagang mengambil kesempatan untuk mengakses program pembiayaan Ultra Mikro (UMi). Program ini merupakan kerja sama Pemkab dengan dengan Pusat Investasi Pemerintah dengan menyediakan fasilitas pembiayaan maksimum Rp20 juta/debitur bagi usaha ultra mikro. Ini tanpa agunan karena Pemkab memberi subsidi bunga nol persen.

Sementara, Plt. Kepala Dinas Kadis DP2KUKM Luwu Utara, Muh. Kasrum, melaporkan kegiatan pemanfaatan pembangunan/revitalisasi Pasar Rakyat Tarue melalui dana TP tahun anggaran 2022, bertujuan untuk peningkatan perekonomian masyarakat, penciptaan lapangan kerja, dan pemberdayaan usaha mikro dan kecil.

"Dengan terbangunnya pasar rakyat ini dapat dimanfaatkan dengan baik serta dapat memberikan nilai tambah bagi perekonomian, masyarakat Kecamatan Sabbang Selatan khususnya," ucapnya.

#pemkab luwu utara #Indah Putri Indriani