Jumat, 06 Januari 2023 21:03

Musim Hujan, Waspada Diare dan ISPA pada Anak

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Dokter Spesialis Anak RSUD Andi Makkasau Parepare, dr. Yulianty Mochtar, Sp.A.
Dokter Spesialis Anak RSUD Andi Makkasau Parepare, dr. Yulianty Mochtar, Sp.A.

ISPA adalah infeksi virus umum yang memengaruhi hidung, tenggorokan, dan saluran udara. Sementara, diare biasanya disebabkan virus atau terkadang makanan yang terkontaminasi.

RAKYATKU.COM - Diare dan Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) mengancam anak kecil saat musim hujan datang. Hal ini karena kondisi imun si kecil lebih lemah dibandingkan orang dewasa.

Penyakit ISPA adalah infeksi virus umum yang memengaruhi hidung, tenggorokan, dan saluran udara. Sementara, diare biasanya disebabkan virus atau terkadang makanan yang terkontaminasi. Buang air besar yang encer lebih sering terjadi dari biasanya.

Dokter Spesialis Anak RSUD Andi Makkasau Parepare, dr. Yulianty Mochtar, Sp.A, berbagi tips maupun cara penanggulangan untuk mengatasi kedua penyakit tersebut.

Baca Juga : Pemkot Parepare Gelar Hala Bihalal Usai Libur Panjang Lebaran

Yuli, sapaan akrabnya, menyarankan kepada orang tua agar menjaga kebersihan sekitar tempat anak bermain dan menerapkan pola sanitasi kepada si buah hati.

"Menghindari sumber penularan, seperti orang yang lagi batuk. Cuci tangan sebelum makan dan hindari anak anda dari jangkauan asap rokok," kata Yuli, Jumat (6/1/2023).

Yuli menambahkan, jika terdapat gejala yang terjangkit diare atau ISPA agar segera memeriksakan ke pusat layanan kesehatan terdekat.

Baca Juga : Pj Wali Kota Parepare Sampaikan Duka Cita Atas Terjadinya Bencana Longsor di Tana Toraja

"Kita berharap angka jumlah (diare dan ISPA) pada anak menurun dan masyarakat makin paham pentingnya kesehatan dan tahu bagaimana tindakan pencegahannya," ujarnya.

#RSUD Andi Makkasau #Pemkot Parepare