Kamis, 29 Desember 2022 07:02

Pemkot Makassar Kirim Tim Rescue Cari Korban Longsor Maros

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pemberangkatan tim rescue dari Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Makassar di kediaman pribadi Wali Kota Makassar, Rabu (28/12/2022) malam.
Pemberangkatan tim rescue dari Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Makassar di kediaman pribadi Wali Kota Makassar, Rabu (28/12/2022) malam.

Enam orang dikabarkan hilang akibat longsor yang terjadi di Cendrana, Kabupaten Maros, Selasa (27/12/2022). Satu di antaranya telah ditemukan dalam kondisi meninggal dunia.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar mengirim tim rescue untuk membantu pencarian korban longsor di Kabupaten Maros. Tim beranggotakan enam orang dari Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Makassar.

"Kami turut berduka atas bencana yang dirasakan warga Cendrana, Kabupaten Maros. Kami mengirim bantuan tenaga untuk sama-sama mencari korban. Ini bentuk kepedulian kita," kata Mohammad Ramdhan Pomanto (Danny), Wali Kota Makassar, saat pemberangkatan tim di kediaman pribadinya, Jalan Amirullah, Makassar, Rabu (28/12/2022) malam.

Enam orang dikabarkan hilang akibat longsor yang terjadi di Cendrana, Kabupaten Maros, Selasa (27/12/2022). Satu di antaranya telah ditemukan dalam kondisi meninggal dunia, sementara lima lainnya masih hilang.

Baca Juga : Wali Kota Makassar Jamin Stok Elpiji Aman, Pertamina Bentuk Satgas Rafi

Kepala Dinas Damkar Makassar, Hasanuddin, mengatakan pengiriman tim ini merupakan suatu bentuk itikad baik dalam rangka pertolongan korban.

“Jadi, ini tim back up yang kami kirim. Kita mengirim tim biar cepat ketemu. Takutnya korban bertambah," ujarnya.

Tim yang dikirimkan, kata dia, adalah tim terbaik yang sudah melalui pendidikan khusus diklat SAR dengan dilengkapi perlengkapan yang dibutuhkan saat di lapangan.

Baca Juga : Bersama Pejabat Pemkot Makassar,Zulkifli Nanda Belajar Tata Kelola Utilitas Bawah Tanah

"Kami kirim enam orang. Tapi, biasanya pasti yang lepas piket ini selalu menyusul. Begitu pasti. Karena panggilan kemanusiaan. Jiwanya terpanggil untuk menolong," tuturnya,

Hasanuddin mengungkapkan, tim diberangkatkan sempat terlambat tiba di tujuan dikarenakan akses menuju lokasi masih tertutup material longsor.

Ia menambahkan semangat timnya ini bukan hanya dari panggilan jiwa, tetapi adanya dukungan penuh dari Pemkot Makassar yang selalu menjadi penyemangat saat ada kejadian bencana, baik di dalam maupun di luar Makassar.

Baca Juga : Wali Kota Makassar Janji Alokasikan Rp1 Miliar Dana Hibah untuk Masjid Al-Markaz

"Kita berharap situasi segera kondusif dan tim selalu dalam lindungan-Nya," harapnya. ucapnya.

#pemkot makassar #Dinas Damkar Makassar #Longsor Maros